Iklan

Iklan

Pandemi Covid-19, Analisis SWOT Dalam Kuliah Daring

7/03/20, 15:39 WIB Last Updated 2020-07-05T07:23:41Z


Oleh Husfa Helsi | Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.


PANDEMI Covid-19 yang masih mengepung dunia nampaknya belum bisa diredam. Untuk memutuskan rantai penularan virus Corona di Aceh, orang-orang diimbau untuk melakukan social distancing dan berdiam diri di rumah, termasuk kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan secara online.

Sistem kuliah daring/online adalah hal baru bagi dosen terutama mahasiswa, namun merupakan suatu keharusan agar standar mutu pendidikan dapat ditingkatkan dalam penyampaian pembelajaran serta memiliki jangkauan luas.

Kuliah online tidak terbatas ruang dan waktu, memungkinkan para mahasiswa untuk aktif mencari bahan pembelajaran secara mandiri serta memberikan manfaat agar mahasiswa bisa lebih kritis dalam melihat kekuatan, kelemahan, peluang serta tantangan dalam kuliah online.

Nasib Mahasiswa Aceh Di tengah Pandemi
Selama perkuliahan online, mahasiswa dan dosen diminta untuk melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan aplikasi seperti whatsapp, googleclassroom, zoom, dan meet. Lantas, apakah sejauh ini perkuliahan secara daring sudah berjalan efektif? Beberapa kampus di Aceh yang telah menerapan perkuliahan daring, tampaknya tidak melihat secara jelas kondisi mahasiswa seperti kondisi ekonomi dan kondisi lingkungan.

Muncul berbagai keluhan-keluhan seperti kesulitan mahasiswa yang tinggal di daerah terpencil maka terkendala dengan akses jaringan yang sudah pasti sulit untuk mengikuti kelas perkuliahan, belum lagi mahasiswa yang hidup dengan kondisi ekonomi pasang surut.

Tidak hanya itu, beberapa diantara mahasiswa menuntut agar kampusnya memberikan subsidi untuk membeli kuota internet. Walaupun pada akhirnya kampus memberikan kuota subsidi tetap saja belum cukup karena hanya diberikan sekali, namun kuliah online akan dilaksanakan hingga akhir semester genap.

Sampai sejauh ini perkuliahan daring dinilai hanya sebatas pemberian tugas secara online dan tidak ada transformasi ilmu yang terjadi antara mahasiswa dan dosen.

Analisis SWOT
Untuk memperjelas posisi institusi pendidikan di Aceh serta peran dan fungsi teknologi informasi salah satunya bisa memanfaatkan analisis SWOT yang akan dilihat antara menggunakan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatka peluang serta menghindari ancaman yang ada.

Strenght/kekuatan: mahasiswa lebih aktif mencari materi, menambah keterampilan mengenai internet dengan menggunakan berbagai macam aplikasi penunjang, melatih mahasiswa untuk lebih bertanggung jawab, kreatif, dan juga mandiri. Kemudian Weakness/kelemahan: memerlukan biaya yang mahal karena harus membeli kuota, sangat tergantung pada jaringan internet, banyaknya tugas sedangkan fasilitas rendah.
Selanjutnya Opportunity/kesempatan: mahasiswa dan dosen dapat mengatur jam perkuliahan menjadi lebih fleksibel (kapan dan dimana saja), untuk menghemat biaya bisa pergi ke tempat wifi, serta dapat meningkatkan wawasan berpikir mahasiswa untuk mendalami lebih giat lagi materi yang sudah diberikan oleh dosen. 
Treat/ancaman: Sinyal dan jaringan internet bagi mahasiswa kerapkali menghambat koneksi untuk bergabung ke ruang kelas, apabila kuliah online menggunakan wifi jika banyak yang menggunakannya maka jaringan internet sudah pasti jelek. Keterlambatan menjadi lumrah karena mahasiswa membutuhkan waktu untuk tersambung ke internet.
Kuliah daring memang tidak sesempurna perkuliahan di kelas secara langsung. Pelaksanaannya memerlukan kombinasi yang baik antara fasilitas yang digunakan serta kemampuan dari sumber daya manusianya. Kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini penting untuk diperhatikan.

Penerapan SWOT Dalam Kuliah Online
Dalam analisis SWOT terdapat fator internal dan eksternal yang dikelompokkan ke dalam matriks serta dapat dilakukan pengembangan strategi secara alternative. Dengan melihat kondisi kuliah online sekarang, penulis menyarankan sekaligus menawarkan solusi agar mahasiswa mampu menentukan strategi ke depan tentang apa yang perlu diperhatikan dan diwaspadai serta dapat melakukan pengumpulan data dengan menguasai teknik analisis SWOT. Datanya dapat diambil dan dikumpulkan melalui wawancara serta hasil pengamatan selama perkuliahan online tersebut.

Strategi Kekuatan Dan Peluang (SO), maksudnya harus bisa menentukan strategi berdasarkan kombinasi keduanya. Jika mahasiswa fasih dalam penggunaan internet, maka harus dimanfaatkan agar bisa mengambil kesempatan untuk meningkatkan wawasan berpikir kritis dengan cara mencari bahan dan mendalaminya. Lalu Strategi Kelemahan Dan Peluang (WO), maksudnya jika mahasiswa tidak mampu membeli kuota internet karena biayanya mahal, maka bisa memanfaatkan kesempatan yang ada seperti ketempat wifi agar tetap bisa mengikuti perkuliahan. 

Kemudian untuk Strategi Kekuatan Dan Ancaman (ST), maksudnya mahasiswa harus siap siaga dan lebih aktif mengumpulkan materi-materi yang diperlukan terlebih dahulu jikalau nantinya sinyal atau jaringan internet buruk. Terakhir Strategi Kelemahan Dan Ancaman (WT), mahasiswa harus mampu meminimalkan kelemahan seperti jangan terlalu bergantung pada jaringan internet di tempat wifi, jika penggunanya banyak maka bisa saja jaringan akan buruk.

Dengan adanya kuliah online mahasiswa mampu meningkatkan skill dengan meng-uptodate materi perkuliahan, mempertahankan dan memperbaiki kualitas dengan research dan development, mempertahankan citra dengan cara meningkatkan kualitas skill mahasiswa. Dengan menggunakan analisis SWOT mahasiswa akan mampu memecahkan setiap persoalan dan masalah yang sering menjadi penghambat dalam proses perkuliah agar proses belajar dengan sistem online dapat berjalan dengan baik.

Penulis juga meyakini bahwa di balik semua fenomena ini menyimpan hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. Inilah salah satu cara yang tepat agar mahasiswa Aceh dapat menjalankan proses kuliah online dengan lancar dalam situasi pandemi Covid-19. []



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pandemi Covid-19, Analisis SWOT Dalam Kuliah Daring

Terkini

Topik Populer

Iklan