Headlines
Loading...
Ini Bahaya Skincare Dan Make up Palsu

Ini Bahaya Skincare Dan Make up Palsu



WASATHA COM.|BANDA ACEH Memakai skincare dan make up sudah menjadi salah satu hobi dan tren bagi kaum hawa disemua usia, hal itu sudah menjadi kebutuhan bagi wanita  agar bisa tampil lebih menarik. saat ini pun informasi tentang make up dan skincare sangat mudah didapatkan dengan adanya youtube dan media sosial lainnya yang mempermudah kaum hawa mengakses vidio make up yang mereka inginkan.  "beuty vloger" begitu sebutan bagi mereka yang seakan menjadi pedoman kecantikan.

Namun sagat disayangkan minimnya pengatuhan tentang kosmetik membuat oknum tidak bertangung jawab gencar memproduksi kosmetik-kosmetik palsu. Tidak sedikit kita jumpai produk-produk kosmetik yang mengandung merkuri, mulai dari kosmetik murah hingga kosmetik mahal.

Produk kosmetik saat ini sulit dibedakan yang asli dan yang palsu karena banyak brand make up lokal ternama pun ada yang membuat produk oplosan atau palsu dan dijual dengan harga jauh lebih murah dari harga aslinya. make up palsu bisa membahayakan kulit, efek dari pemakain make up palsu tidak terlihat ketika kita selesai memakainya tapi akan ber efek 2 sampai 5 tahun kedepan dengan ditandai timbulnya flek hitam, area bibir menghitam dan kulit wajah yang cenderung kusam.

dikutip dari CNN Indonesia (24-12-2019) ini bahaya memakai kosmetik palsu

1. Tidak Memiliki Efektivitas 

Menurut Antohony, make up dan skincare palsu umumnya menggunakan bahan yang tidak memiliki efektivitas pada kulit atau efektivitas yang rendah ketimbang produck asli.

2. Dermatitis Kontak Iritan (DKI)  

produk perawatan kulit palsu dapat menyebabkan Dermatitis Kontak Iritan yaitu penyakit iritasi pada kulit yang disebabkan oleh kontak dengan bahan yang berasal dari luar tubuh.

3. Dermatitis Kontak Alergi (DKA)  

DKA merupakan kerusakan kulit yang disebabkan oleh reaksi hipersensitivitas terhadap bahan tertentu. Gejala yang muncul umumnya serupa dengan DKI dan disertai dengan gatal hebat.

4. Infeksi Kulit 

Selain peradangan, bahan-bahan dan proses produksi yang tidak terjamin dari produk make up dan skincare palsu juga dapat menyebabkan infeksi kulit.

5. Kangker Kulit

Pengunaan bahan-bahan yang berbahaya pada kulit dapat menyebabkan kangker kulit.

Oleh karena itu untuk mengatahui skincare dan make up yang aman perhatikan hal-hal  berikut ini:

1. Harga 

Make up dan skincare palsu cenderung memiliki harga yang jauh lebih murah dari aslinya kecuali diskon yang dibuat dari Toko kosemetik tersebut. Jadi jagan mudah tergiur jika ditawarkan kosmetik dengan harga murah.

2. Kemasan (Packaging) 

pastikan kalian sudah tau bagaimana packaging asli dari kosmetik yang kalian inginkan. produk asli akan memiliki label khusus dari pabrik yang membuatnya. tidak  hanya itu, produk asli juga akan mencantumkan kode pembuatan produk yang bisa kalian cari. jagan sesekali menerima barang dengan keadaan kemasan yang rusak.

3. Aroma Dan Tekstur

Biasanya produk asli bertekstur tidak lengket dikulit dan selain itu aromanya dari produk yang asli pastinya baunya tidak menyegat tetapi wangi.

Girl berhati-hatilah saat kalian ingin membeli Produk-produk kosmetik, niatnya mau tampil cantik namun malah malapetaka yang kalian dapatkan jika kalian ceroboh dalam hal ini. dan satu lagi cantik dari luar memang perlu namun cantik dari dalamlah paling utama.

(zawil Kahira, Mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam uin Ar-Raniry)


0 Comments: