Tips Puasa Anti Lemas Di Tengah Pandemi COVID-19

Share:
Sumber : Okezone.com


Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan menjalani puasa di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang hingga kini masih mewabah di sejumlah Negara.
Menjaga sistem imun tubuh menjadi sangat penting saat berpuasa di tengah pandemi virus Corona. Pada saat berpuasa tubuh akan lemas karena tidak makan dan minum untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu perlu melakukan beberapa penyesuaian, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama bulan Ramadhan. Kebugaran tubuh perlu  dijaga sehingga puasa lancar, aktivitas pun tetap berjalan dengan produktif.
Ini dia  tips sehat anti lemas saat puasa yang bisa dilakukan selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. 
Jangan lewatkan Makan Sahur
Makan sahur saat puasa Ramadhan adalah pengganti sarapan. Sahur akan membantu menjaga cairan tubuh supaya tetap terjaga. Makan sahur juga akan memberikan energi dan nutrisi untuk aktivitas seharian.
Sahur yang sehat harus memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi seimbang. Perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan serat tinggi dan mengandung tinggi protein.
Minum Air Yang Cukup

Saat puasa, tubuh harus memiliki banyak cairan. Kamu perlu minum banyak air saat sahur dan  buka puasa juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air sepeti sup, buah dan sayuran. Kebutuhan cairan tubuh akan bisa terpenuhi untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa.

Hindari Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Makanan akan tampak menggiurkan saat buka puasa. Akan tetapi jangan makan dan minum terlalu banyak saat berbuka karena  akan membuat tubuhmu lemas saat siang hari.
Memulai makan saat buka puasa dengan mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu, seperti kurma dan air putih. Makan makanan ringan sebelum makan makanan berat supaya lambung tidak syok.
Kurma mengandung banyak energi yang baik bagi tubuh mengeluarkan enzim pencernaan sebagai persiapan untuk menerima makanan berat. Saat buka puasa jangan mengunyah makanan terlalu cepat, supaya tubuh bisa mencerna makanan dengan baik tanpa merusak nutrisi yang ada di dalamnya.

Makan Makanan Sehat Saat Sahur Dan Buka Puasa

Karena tidak makan seharian, maka kamu bisa membahagiakan dirimu sendiri dengan makanan yang manis saat berbuka puasa. Tapi perlu diingat, jangan terlalu banyak makan makanan yang manis.
Karena waktu untuk memenuhi asupan tubuh hanya terbatas di malam hari saja maka perlu mengatur waktu sebaik mungkin supaya asupan tubuh tetap terpenuhi selama Ramadhan.
Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi seimbang sangat penting. Jaga pola makan, supaya memberikan manfaat dalam jangka Panjang. Makan makanan sehat akan terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti diabetes, jantung dan obesitas.
Lakukan Olahraga Di Waktu Yang Tepat
Lakukan olahraga ringan saat berpuasa seperti senam, atau  melakukan shalat tarawih juga baik untuk kesehatan supaya tubuh sehat.
[Nanda Fitriana, mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran UIN Ar-Raniry]


No comments