Headlines
Loading...
Ini Dia Dahsyatnya Keutamaan Puasa Di Bulan Syawal !

Ini Dia Dahsyatnya Keutamaan Puasa Di Bulan Syawal !



                                 Foto : Liputan6.com

Umat Islam baru saja melalui bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Hari raya Idul Fitri pun sudah dijalani. Namun di depan mata sudah menanti sejumlah ibadah lainnya, baik yang bersifat wajib maupun sunah, salah satunya, puasa Syawal.

Umat muslim disunnahkan untuk melaksanakan ibadah puasa Syawal setalah melalui ibadah puasa di bulan Ramadhan. Berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang diwajibkan selama satu bulan, puasa Syawal disunnahkan selama enam hari sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sama seperti puasa bulan Ramadhan, puasa Syawal juga memiliki keutamaan bagi yang melaksanakannya.

Hal ini sebagaimana dengan sabda Rasulullah SAW :

Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun “(H.R. Muslim).

Menyelesaikan puasa Ramadahan dan menjalankan puasa Syawal selama 6 hari maka pahalanya seperti berpuasa selama satu tahun. Puasa Syawal dimulai di hari kedua lebaran Idul Fitri karena hari raya pertama merupakan hari raya Idul Fitri, maka diharamkan untuk berpuasa.

Puasa 6 ini akan lebih baik lagi jika dilakukan secara berturut selama enam hari dimulai sejak dua Syawal. Hal itu lantaran merujuk pada firman Allah yang bunyinya :

“ Bersegeralah kamu mencari ampunan dari tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa” ( Q.S Ali Imran : 133)

Puasa Syawal juga memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, diantaranya :

Menyempurnakan Ibadah Ramadhan
Puasa Syawal menutup kekurangan kita dalam menjalankan ibadah wajib di bulan Ramadhan dan bagi yang berpuasa Syawal maka pahalanya akan dilipat gandakan, Sebagaimana hadist Rasulullah SAW :

Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah idul fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebiakan semisal  “ ( H.R Ibnu Majah)

Menjalankan sunah Rasulullah
Orang yang berpuasa di bulan Syawal maka akan mendapatkan syafaat atau pertolongan dari Rasulullah di surga dan dijanjikan akan masuk surga bersama Rasulullah. Hal ini karena orang yang berpuasa di bulan Syawal telah menghidupkan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan At Tirmidzi menyebutkan bahwa :

“ Siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga” ( H.R Tirmidzi).

Tanda Peningkatan Iman
Orang yang berpuasa di bulan Syawal merupakan tanda bahwa iman seseorang semakin meningkat. Karena itulah bulan ini di sebut bulan Syawal, yang artinya bulan peningkatan. [Nanda Fitriana | Mahasiswi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam].


0 Comments: