Tips Menjaga Kekebalan Tubuh Untuk Cegah Covid-19

Share:

berkah yang paling nikmat diberikan oleh tuhan adalah kesehatan


WASATHA COM.|BANDA ACEH KORBAN virus corona saat ini terus meningkat, dilansir laman resmi kompas com (15/04/2020) jumlah pasien kasus corona di Dunia mencapai 2.083.304 kasus,dan di Indonesia sendiri 5.136 kasus. Hingga saat ini, belum juga ditemukan vaksin yang bisa mencegah infeksi virus corona ini. jadi untuk mencegahnya benar-benar harus dimulai dari diri sendiri.

Banyak upaya yang sudah dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini, selain melakukan isolasi diri utuk tidak keluar rumah dan menghindari keramaian, pemerintah juga sudah menerapkan kebijakan lockdown sebagai salah satu upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus ini. karena di Tiongkok sendiri telah mengeluarkan kebijakan ini untuk kota Wuhan sejak episentrum pertama kasus yang menunjukan lonjakan secara signifikan.

Selain upaya yang dilakukan pemerintah, penting juga bagi kita akan kesadaran diri sendiri untuk mencegah agar tidak terjangkit virus Covid-19 ini. Ada beberapa yang bisa diterapkan dalam masa isolasi penyebaran virus ini seperti.

1. Mencuci Tangga
Mencuci tanggan dengan air yang mengalir dan sabun selama 20 detik adalah cara yang paling penting dan sederhana.

2. Menggunakan Masker
Menggunakan masker untuk mencegah penularan, dan sebaiknya menggunakan masker bedah dan masker N95.

3. Meningkatkan kekebalan Tubuh
Meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan seimbang merupakan langkah yang tepat. seperti mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein seperti telur ikan, dan daging tanpa lemak.

Ada beberapa buah-buahan yang sangat bagus dalam meningkatkan kekebalan untuk mencegah virus Covid-19 ini seperti.

JERUK,  vitamin C dipercaya sebagai salah satu nustri penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah ini di klaim dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk memerangi infeksi.

PEPAYA, buah ini juga mengandung Vitamint C, yang memiliki enzin pencernaan yang disebut papain. selain itu juga terdapat kalium. Vitamin B dan folat yang cukup secara keseluruhan sangat bermanfaat bagi kesehata.

KIWI, buah ini juga termasuk diantaranya yang memiliki nustrisi penting, diataranya folat,kalium,Vitamin K, dan Vitamin C. Selain meningkatkan sel darah putih juga dapat membantu menjaga seluruh organ tubuh dengan baik.

BLUEBERRY, buah ini mengandung jenis flavonoid yang disebut anthocyanin, kandungan yang bersifat antioksidan yang dapat membantu sytem kekebalan tubuh.

mengutip Medical News Today, sebuah studi pada 2016 mencatat bahwa flovonoid berperan penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan, Para peneliti nenemukan, orang yang kaya asupan flavonoid lebih kecil kemungkinan terserang infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

4. Berolahraga Dengan Rutin
Olahraga dengan rutin juga mampu menigkatkan daya tahan tubuh dan meredakan peradangan. Namun, perlu diingat, olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang hanya sekali.

5. Jagan Sters
Sters yang berkepanjangan dapat meningkatkan produkasi hormon kortisol. Kadar kortisol yang tinggi dapat menggangu kerja sistem imun dalam melawan infeksi.

6. Istirahat Yang Cukup
Kurang tidur terbukti bisa menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatn anda. Salah satunya adalah penurunan daya tahan tubuh, sehingga beragam penyakit dapat lebih mudah menyerang. orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam sehari.

Nah, oleh karena itu peran individu harus sangat berfungsi dalam menangani penyebaran virus Covid-19 ini. Mengatur setiap asupan yang masuk kedalam tubuh dengan cara memperhatikan makanan. Dan untuk saat ini cara terbaik dimulai dari diri sendiri, mempratikan kepada diri sendiri, menjadi pribadi yang bersih dan menjaga tubuh dengan pola hidup yang sehat.

(Irhamna,  Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam, uin Ar-Raniry)





No comments