PKBM RUMAN Aceh Salurkan Tahap Pertama Lelang Kebajikan Untuk Masyarakat Terdampak Corona

Share:

WASATHA.COM, Banda Aceh - Ikut serta meringankan beban kehidupan masayarakat yang terdampak wabah corona (COVID-19), sehingga tidak bisa lagi bekerja mencari nafkah seperti biasa. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menyalurkan tahap pertama dari lelang kebajikan. 

Melalui lelang kebajikan itu, RUMAN Aceh mengajak masyarakat luas untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada keluarga-keluarga yang kebutuhan dasar mereka terganggu (tidak terpenuhi) akibat wabah Corona. 

“Lelang kebajikan ini diawali oleh donasi seorang warga Aceh yang bekerja di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab sebesar Rp 10 juta secara pribadi. Agar manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak keluara, kita buka donasi di sosial media”, ujar Rizky. 

Dari donasi pembuka berjumlah Rp 10 juta itu, ungkap Rizky menambahkan, pihaknya menyalurkan 50 paket bahan makanan pokok kepada 50 keluarga dari Kota Banda Aceh dan Aceh Besar pada Selasa (31/3/2020) pagi hingga siang di basecamp RUMAN Aceh di gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. 

“Setiap paket senilai Rp 200.000. Terdiri dari 8 Kg beras, 2 Kg minyak goreng, 1 papan telur ayam, 1 Kg gula, ¼ Kg garam, 1 bungkus roti unibis dan 1 sachet kecap”, imbuhnya. 


Hingga Selasa (31/3/2020) pukul 16.00 WIB, donasi yang masuk sejumlah Rp 31.900.000 untuk 154 paket dari 30 orang donatur dari dalam dan luar negeri. Dua dari donatur tersebut adalah warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Uni Emirat Arab, 1 di Jerman dan 2 di Swiss.  

Cuci Tangan 

Mengikuti anjuran dari pemerintah perihal pencegahan penyebaran virus Corona yang mematikan itu, RUMAN Aceh tidak mengumpulkan para penerima dalam satu waktu secara bersamaan. Namun, memanggil mereka secara bergantian. 

“Sebelum mengambil paket yang telah disediakan di atas meja. Setiap penerima yang baru tiba, kita minta untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah kita siapkan”, kata Fadillah Islami Chaniago, Ketua TBM RUMAN Aceh yang terlibat aktif bersama 3 relawan lain. 

Seteleh mencuci tangan, imbuh Fadil, keluarga penerima mengambil paket. Tidak ada kontak fisik seperti bersalaman atau lainnya antara mereka dengan tim RUMAN Aceh. 

Sebagai informasi, lelang kebajikan tersebut masih dibuka hingga 5 April 2020. Bagi masayarakat yang ingin berbagi rezekinya, bisa ditransfer ke 3907 01 010831 53 7, BRI atas nama PKBM RUMAN Aceh. Konfirmasi bisa dikirim ke nomor WA 08113676470 dan 085262703479.[]

No comments