Kuliah Daring, Ini Positif Dan Negatif Yang Dirasakan

Share:

WASATHA.COM|BANDA ACEH Seperti yang kita ketahui, semenjak pandemi corona meluas di Indonesia, pemerintah sudah banyak melakukan upaya-upaya agar mampu untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Seperti menerapkan sistem lockdown, social distancing, hingga menerapkan sistem belajar di rumah.

Dan dalam hal pendidikan khususnya perguruan tinggi, Pemerintah megeluarkan peraturan tentang kuliah yang dilakukan dengan sistem daring, atau disebut juga dengan kuliah online. dalam hal ini kita mungkin sempat bingung, apakah dengan adanya kuliah daring ini dapat meningkatkan kinerja dari pelajaran atau sebaliknya, dan apakah sistem daring ini bisa dikatakan efisien.

untuk itu kita lihat apa saja  kelebihan dan kekurangan kuliah atau belajar mengajar dengan sistem daring.
KELEBIHAN
1. Mahasiswa Lebih Aktif Mencari Materi Dan Keterampilan TIK
Pada saat kuliah online biasanya mahasiswa lebih aktif mencari materi, karena  dosen akan memberikan tugas untuk mahasiswa mencari materi, sehingga keterampilan TIK mahasiswa dapat bertambah seiring berjalanya kuliah online. dan juga dapat menambah nilai kepekaan mahasiswa terhadap teknologi informasi yang semakin canggih. disamping itu juga dapat membuat para mahasiswa pintar dalam memanfaatkan alat dan teknologi canggih ini.

2. Waktu Lebih Singkat
Waktu yang digunakan untuk kuliah online lebih singkat dari kuliah di kelas. Kuliah dikelas biasanya dosen memberikan toleransi keterlambatan dan lain-lain, yang membuat kuliah dikelas lebih lama. sedangkan kuliah online lebih tepat waktu dan tidak ada alasan keterlambatan. Dan juga membuat para mahasiswa dapat melakukan tugas lain selain kewajiban sebagai mahasiswa di Universitas.

3. Mahasiswa Dapat Merekam Pembelajaran
Mahasiswa dapat merekam pembelajaran seperti memvidiokan, dan kemudian dari rekaman tersebut dapat diputar ulang ketika membutuhkan atau lupa dengan apa yang dijelaskan. tentu cara ini lebih efektif dari belajar dikelas, apalagi untuk mahasiswa yang malu bertanya ketika lupa dengan apa yang dijelaskan.

4. Kelas Dapat Berlansung Sesuai SILABUS
ini yang penting dari kelas online, karena tujuan kelas online dilakukan yaitu agar kelas tetap berjalan sesuai dengan silabus agar tidak ketinggalan dan sesuai target yang ditentukan. Dan dengan demikian siklus pendidikan di Indonesia ini tidak terputus, selalu akan terjaga, dan terkendali.

KEKURANGAN
1. tidak Semua Matakuliah Bisa Online
Ada matakuliah tertentu yang membuat dosen tidak bisa melakukan perkuliahan online karena harus ada pertemuan langsung, seperti matakuliah yang berhubungan dengan pratikum dan lain-lain, karena butuh pemantauan dan penyampaian secara langsung. Dan hal ini sangat menahan sitem pembelajaran yang membutuhkan kinerja praktik langsung, seperti matakulaih Kimia yang mengharuskan Mahasiswanya untuk uji laboratorium, dan juga matakuliah biologi, yang membutuhkan. laboratorium untuk melakukan praktek. semua itu tidak bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan sistem kuliah online.

2. Bergantung pada Jaringan
masalah yang sering terjadi saat kuliah online adalah masalah jaringan. kalau jaringan mengalami gangguan kuliah juga akan mengalami gangguan seperti ketinggalan diskusi atau peyampaian materi. oleh karena itu pastikanlah jaringan maksimal saat kuliah online, karena hal ini sangatlah fatal. tapi juga sangat disayangkan dengan kondisi pribadi masing-masing mahasiswa, terkadang ada beberapa mahasiswa yang tinggal di daerah pedalaman dan kurangnya dengan akses internet. ini terkadang patut diperhatikan, karena mereka yang berada di wilayah seperti itu akan mengalami ketertingalan mata pelajaran.

3. Sangat Tergantung Kedisiplinan Mahasiswa
Sangat ketergantungan dengan kedisplinan mahasiswa karena kalau tidak bisa displin maka resikonya bisa ketinggalan kelas. Dan menjadi pemersalahan tersendiri buat mahasiswa, karena ketika mahasiswa melakukan sistem kuliah online, maka sistem kedisplinan baru akan muncul. Tentu sangat berbeda dengan kedisplinan yang biasa mereka lakukan dalam kegiatan sehari-hari di Kampus. kali ini mereka harus menjaga waktu sendiri, dan harus megatisipasi apabila ada tugas dadakan yang diberikan oleh dosen melalui kelas online, semua itu harus diperhatikan, dan itu semua tergantung pribadi mahasiswa masing-masing.

Jadi sekarang yang dapat kita lakukan dalam menyikapi bencana wabah Covid-19 ini adalah dengan besabar, dan terus berfikir positi dan percaya bahwasanya semua ini pasti akan berlalu. disamping itu kita juga harus mematuhi segala yang katan oleh pemerintah, karena semua yang dilakukan dan semua wewenang yang telah disahkan.

(Ahmad Firdaus, Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam UIN Ar-raniry)








No comments