INH

Iklan

Iklan

Fajran Zain: Kuliah Online Butuh Arahan

3/27/20, 21:13 WIB Last Updated 2020-03-28T02:02:54Z
Fajran Zain

Laporan: M.Rizki Ramadhan

WASATHA.COM, Banda Aceh - Pandemi Covid-19 terus menjadi ancaman di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sampai saat ini sudah 1.046 kasus terinfeksi Corona.

Berbagai cara telah dilakukan guna memutus penyebaran Virus Corona dengan membatasi ruang-ruang publik yang berimbas pada berbagai lini kehidupan masyarakat.

Salah satunya berimbas pada dunia pendidikan. Saat ini metode pendidikan yang seharusnya kuliah secara tatap muka diganti dengan kuliah berbasis online atau virtual.

Dosen Pisikologi UIN Ar-Raniry, Fajran Zain PhD, mengatakan banyak sekali kekurangan dalam kuliah berbasis virtual ini namun juga tentu menghadirkan kelebihan.

"Banyak sekali kekurangannya, bagaimanapun kuliah tatap muka tidak akan tergantikan dengan sistem kuliah virtual seperti ini karena kita dapat dapat memberi stimulus langsung kepada mahasiswa, namun kelebihannya ialah masa perkuliahan bisa lebih panjang mahasiswa tidak perlu duduk diwaktu tertentu tapi kapan saja dan bukan tidak mungkin karena Banda Aceh pernah disebut dengan smart city nanti menjadi smart provinsi," ujar Fajran.

Fajran juga menyampaikan dalam prakteknya agar pihak otoritas kampus memberikan arahan kepada mahasiswanya,  seperti pihak rektorat atau wakil rektor satu bagian akademik agar memberikan arahan atau aturan pekerjaan yang tidak terlalu menuntut karena sangat dilema sekali.

"Kita meminta mereka tidak boleh keluar rumah, sementara ada mahasiswa harus keluar kampung untuk mendapatkan sinyal dan ini menyiksa sekali. Namun juga tidak boleh anak ini di biarkan kosong tanpa kegiatan apapun, rugi mereka bayar SPP tapi tidak mencerdaskan. Karena hampir semua mahasiswa yang saya temui mereka mengeluhkan itu dan dosen juga tau hal itu," ucapnya. [ ]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fajran Zain: Kuliah Online Butuh Arahan

Terkini

Topik Populer

Iklan