Selamat Pelantikan Rektor UIN Ar-Raniry

Selamat Pelantikan Rektor UIN Ar-Raniry

Iklan

Iklan

KTF Ladang Berkarya Sineas Muda

1/06/20, 17:25 WIB Last Updated 2020-01-06T11:47:23Z

WASATHA.COM, Banda Aceh - Komunitas Film Trieng sebuah komunitas yang bergerak dibidang perfilman yang berdiri sejak 28 Mei 2014 dan terbentuk atas dasar diskusi dan usulan dari mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry.

Sering bergelut dengan dunia perfilman dan menjadi hobi bagi mereka tersendiri dalam dunia perfilman komunitas ini juga menjadi sebuah wadah bagi mahasisiwa untuk belajar dan mengembangkan keahlian dalam dunia perfilman.

Pemilihan nama Komunitas Trieng memiliki makna tersendiri, Trieng berasal dari bahasa aceh, yaitu pohon bambu.

Pohon trieng sendiri  berbatang ramping yang menjulang tinggi ke langit luas, Pohon ini mengandung filosofi makna tentang kehidupan, sederhananya pohon ini mempunyai makna, kuat, kokoh, tegar, dan tangguh sehingga memberi banyak mamfaat.

Visi dan misi dari Komunitas tering ingin menghasilkan karya film yang orisinil sesuai dengan realita, berkebebasan dalam berkarya dan mengedepankan kemandirian dengan mengacu pada batas-batas norma yang berlaku dalam Al-Quran dan Hadits serta Negara.

Begitu pula dengan visi dari Komunitas filem Trieng ini yaitu menjadi wadah silaturahim bagi para sineas film dan pemerhati perfilman, melahirkan sineas-sineas muda berbakat dalam bidang perfilman, Turut andil dalam memajukan perfilman Indonesia.

Refanda Akbar, ketua Komunitas Film Trieng mengatakan komunitas ini telah melahirkan karya-karya dan memiliki sederet penghargaan yang telah mereka dapatkan, tak lama ini mereka mendapatkan penghargaan peringkat Film terbaik dalam ajang Riap Fair, untuk memperingati 15 tahun tragedi Gempa dan Tsunami di Aceh Komunitas Film Trieng menggelar pemutaran Film edukasi Tentang Tsunami yang bertemakan Desember to Remember yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2019 lalu.

“Terbentuknya Komunitas Film Trieng ini untuk mengembangkan minat bakat dari mahasisiwa FDK sendiri, dalam satu tahun KFT memiliki berbagai agenda salah satunya Saweu Sikula dan KFT juga ikun serta ketika ada peringatan-peringatan hari tertentu seperti hari Film Nasional, peringatan hari Tsunami dan peringatan hari lainnya”, Ujar Refanda.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KTF Ladang Berkarya Sineas Muda

Terkini

Topik Populer

Iklan