Iklan

Iklan

Minuman Kelapa Muda Bakar Yang Kaya Manfaat Kesehatan

12/16/19, 20:12 WIB Last Updated 2020-04-23T16:21:01Z



WASATHA.Com, Aceh Besar – Kini telah hadir variasi baru minuman kelapa muda, tepatnya di Desa Lampuja Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Minuman kelapa muda ini tampak berbeda dari yang biasanya kita temukan. Jika lazimnya dicampur es atau gula, kelapa muda di desa tersebut dibakar kemudian ditambahkan dengan campuran rempah pilihan.

pemilik warung Mukhtaruddin, mengatakan terdapat sembilan macam rempah yang dicampurkan ke dalam kelapa sesudah di bakar. Menurutnya rempah-rempah itu membantu memberikan khasiat melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

"Bahannya ada sembilan macam. Pertama ada sereh, haliah (jahe), kayu manis, akar kulit, kumis kucing dan akar-akar lainnya, termasuk pakai madu hitam dan madu biasa," ujarnya.

Mukhtaruddin mengaku ada khasiat tersendiri ketika kelapa muda bakar dicampurkan dengan beragam rempah ini. Selain diyakini membuat tubuh menjadi segar, dipercaya minuman kelapa ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

 "Satu minuman ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti darah manis, ginjal, maag dan lambung, itu harus rutin minum," katanya

Berkat khasiat dari kelapa ini, setiap hari warung Mukhtaruddin tak kurang dikunjungi oleh 100 orang. Bahkan para pengunjung dari luar kota hingga mancanegara datang untuk merasakan hangatnya khasiat air kelapa bakar itu.

 "Kemarin pernah datang pariwisata dari Malaysia termasuk orang Korea, mereka datang kesini ingin coba," ungkapnya.

Mukhtaruddin mengaku usaha kelapa bakar ini bermula atas saran seorang kakek yang ia temui di jalanan. Menurut penuturannya, kakek tersebut menyampaikan kelapa muda bakar ini menjadi minuman raja-raja Aceh zaman dahulu yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

"Kakek itu bilang, umurnya 72 tahun asli orang Aceh, kakek tersebut juga merupakan keturunan raja, terus dia kasih minuman raja," tuturnya

 "Dulu raja sebelum berperang, minum kelapa muda bakar ini, supaya kekebalan tubuhnya semakin kuat," ujar sang kakek.

Setelah itu Mukhtaruddin mulai buka usaha kelapa bakar ini. Di luar dugaannya, peminatnya ternyata tinggi. Para pengunjung, percaya jika minuman ini sangat berkhasiat untuk tubuh. Tak heran setiap hari, ia bisa menjual 150 hingga 300 butir kelapa bakar.

"Pertama jualnya 5 buah kelapa mudanya, setelah itu bulan kedua meningkat sampai 150 biji per buahnya tiap hari. Kalau pesanan mungkin 250 hingga 300 buah per hari," terangnya. "Untuk pendapatannya sendiri, kalau kotor itu sampai mendekati Rp 2 juta, kalau bersihnya Rp 500 ribu per hari," pungkasnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Minuman Kelapa Muda Bakar Yang Kaya Manfaat Kesehatan

Terkini

Topik Populer

Iklan