Makanan Khas Aceh, Thimpan

Share:


foto: tokopedia

WASATHA.COM - Wilayah yang dikenal dengan julukan Serambi Mekkah ini memiliki beragam budaya dan makanan khas. Salah satu makanan tradisional Aceh adalah kue Thimpan.

Kue thimpan ini memiliki rasa yang sangat khas, campuran rasa manis dan gurih pada adonan kue tentu memberikan sensasi tersendiri bagi yang menyicipinya. Ditambah dengan isi timphan dari parutan kelapa atau srikaya yang menggugah selera. Selain itu bentuknya yang halus dan aroma pisang semakin membuat kue ini terasa komplit.      

Makanan ini merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal di Aceh. Biasanya kue ini banyak disajikan pada hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

“Thimpan adalah makanan yang dihidangkan untuk para tamu saat lebaran. Kue ini dibuat satu harisebelum lebaran dan tahannya bisa sampai lebih kurang seminggu,” ujar Ida Thimpan yang menjadi makanan wajib jika di Aceh.

Timphan sudah adasejak zaman dulu. Bahkan thimpan mempunyai peribahasa tersendiri untuk mengungkapkan keberadaanya. Bunyinya “uroe get buluen get, Thimpan ma peugot beumruteme rasa” (Hari baik bulan baik, thimpan bikinan ibu harus dapat kurasakan). (Shelly Karim)


No comments