Ini Bahaya Mengkonsumsi Buah Durian !

Share:
foto : Instagram

WASATHA.COM, Banda Aceh – Durian merupakan buah yang sangat digemari oleh setiap orang. Di daerah Asia Tenggara, buah ini paling dikenal dan paling mudah ditemui. Durian mempunyai ciri khas yaitu kulit luar keras dan berduri dengan warna hijau kekuningan. Isi buah durian sendiri pada umumnya berwarna kuning dengan  biji yang dibalut oleh daging berstektur lembut.

Walaupun dikenal sebagai King of Fruit,tidak semua orang menyukainya dikarenakan bau buah durian yang sangat menyengat sehingga membuat sebagain orang tidak menyukainya. Namun bagi orang yang gemar makan durian, bau dari buah durian dianggap harum dan dapat menggugah rasa dengan rasanya yang lezat. Karena aromanya yang menyengat dan berbau tajam, buah bernama Latin Durio Zibethinus ini menjadi satu-satuya buah yang tidak diizinkan dibawa oleh penumpang dalam segala jenis transportasi umum modern contohnya seperti pesawat, kereta api hingga bus.

Durian juga kerap dijadikan berbagai olahan makanan contohnya seperti campuran kue-kue tradisional dan juga seperti es krim, permen, dan minuman penyegar lainnya. Bukan hanya buahnya, biji durian juga dapat diolah menjadi makanan yang dapat disantap, biasanya biji ini disantap setelah direbus atau dibakar.

Dibalik kelezatannya ini, ternyata buah durian juga mengandung bahaya apabila dikonsumsi dlam jumlah banyak. Dilansir dari helloSehat, bahwasannya pada buah durian terdapat kadar glukosa yang tinggi. Dalam satu takaran gelas durian, misalnya, mengandung sekitar 357 kalori. Itu artinya jika seoerangmakan lima gelas takaran durian, kebutuhan kalori seharinya telah terpenuhi.

Fakta ini harus diwaspadai terutama bagi orang yang mengidap penyakit kencing manis (diabetes) dan juga bagi orang yang sedang dalam proses diet. Apalagi bagi orang yang mengidap penyakit obesitas. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan ini dapat menyebabkan kelebihan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat memicu penyakit serius lainnya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berhati-hatilah sebelum terlalu banyak mengkonsumsi buah durian. Karena segala suatu yang berlebihan tentu tidak akan baik untuk tubuh. Kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk selalu kita jaga.

No comments