Selamat Pelantikan Rektor UIN Ar-Raniry

Selamat Pelantikan Rektor UIN Ar-Raniry

Iklan

Iklan

Hipemagas Tampilkan Tari Saman dan Bines di Aceh TV

12/21/19, 21:53 WIB Last Updated 2019-12-21T14:56:46Z


Laporan: Rahmad Ali

Banda Aceh- Tarian saman dan bines inti hipemagas ( Himpunan Pemuda pelajar mahasiswa Gayo lues) tampil di stasiun TV aceh. Tari saman dan bines asli Gayo Lues ini ditampilkan untuk sosialisasi sekaligus promosi, jum’at malam (20/12/19).

Menurut penjelasan dari Tgk Jemarin yang merupakan salah satu orang tua mahasiswa gayo lues yang berdomisili di Banda Aceh dan Aceh besar ini, penampilan tari saman tersebut ditampilakan  sebagai sosialisasi dan sekaligus mempromosikan nya kepada masyarakat luas. Walaupun saman ini sudah di kenal banyak orang dan akui oleh dunia, kita tidak boleh merasa aman begitu saja, akan tetapi kita harus selalu berbenah dan terus melestarikannnya agar saman ini tidak ditinggalkan. Dan dia juga sangat mendukung program hipemagas ini.

Group tari saman dan bines hipemagas ini merupakan program dari hipemagas sendiri yang sudah lama dibentuk dan sempat pakum sebentar akan tetapi di masa kepengurusan Rizky Al huda dan Rahmad Ali ini, saman dan bines hipemagas kembali dibangkitkan dan siap tampil dimana saja, juga siap membina atau melatih jika ada orang yang mau belajar tari saman dan bines.

Penampilan tari saman dan bines hipemagas ini  sangat memukau penonton yang hadir di stasiun televisi  tersebut, karena gerakan-gerakan yang ditampilkan sungguh luar biasa dan mampu menghipnotis penonton yang ada di stodio dengan membuat mata mereka tidak berkedip menatap penampilan saman dan bines dari hipemagas tersebut.


  1. Ketua hipemagas Rizky Al huda mengatakan, group tari saman dan bines ini akan terus di jalankan dari generasi ke generasi, supaya tari saman dan bines ini tidak punah. Dan salah satu penari saman tersebut, ananda firman mengungkapkan bahwa mereka hanya latihan dua kali seminggu itu, di sela-sela waktu kosong kuliah akan tetapi penampilan saman yang di tampilkan sungguh luar biasa, itu semua karena semangat yang membara dari kawan-kawan dalam melestarikan seni dan budaya dan juga jiwa tari saman sudah mengalir di tubuh mereka masing-masing, tambahnya.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hipemagas Tampilkan Tari Saman dan Bines di Aceh TV

Terkini

Topik Populer

Iklan