Bijak Internet Sejak Dini

Share:

Foto : bernas.id

WASATHA.COM, Banda Aceh-
Perkembangan peradaban telah memasuki babak baru, yang dikenal dengan sebutan era industri 4.0. Era ini ditandai dengan perubahan radikal, dimana nyaris seluruh sendi kehidupan manusia dimotori oleh perkembangan teknologi informasi.

Di era industri 4.0 ini, semua kejadian di dunia secara cepat dapat diketahui dan tak berbatas. Semua akses internet berjalan mulus tanpa ada hambatan. Karena semakin canggih teknologi semakin kencang pula data dan informasi yang menyebar.

Tidak hanya belajar membaca, para generasi milenial yang terbiasa mengakses segala sesuatu lewat piranti teknologi informasi seperti handphone, juga bisa mempelajari tafsir Alquran untuk kajian yang lebih mendalam.

Namun dengan kemajuan yang terjadi saat ini semakin mudah pula terjadi kekacauan, bak pisau bermata dua. Memberikan manfaat yang begitu besar juga dapat memberikan dampak negatif yang tidak sedikit.

Seperti menyebarnya berita hoax tanpa ada saringan, situs negatif. Inilah salah satu dampak yang harus ditolak dari revolusi industri 4.0. namun jika tanpa internet semua aktivitas akan terhambat, tidak akan mudah untuk mengakses informasi, komunikasi baik dalam maupun luar negeri.

Era informasi ini menuntut setiap orang untuk berubah dan mampu beradaptasi. Pada titik inilah, tugas kita sebagai generasi penerus bangsa mampu menggunakan internet dengan bijak.

Lantas bagimana ? Mari bersikap bijak. (Ismatul Fazilla)

No comments