Bendungan Jantho Baru, Keindahan Yang Tersembunyi

Share:
Foto : Putri Purnama Sari


WASATHA.COM, Jantho, - Berbicara mengenai bendungan pasti sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, kali ini Jantho Baru mulai mengenalkan bendungan yang sudah ada sejak tahun 1990 yang diresmikan oleh Kepala Bappenas Pusat, Prof. Dr. Saleh Hafif.

Bendungan ini di bangun dengan sumber dana APBN, tujuannya untuk mengairi persawahan yang ada di Desa Jantho Baru. Dulunya bendungan ini mampu mengairi hingga 400 hektare persawahan, salah satu sumber mata air yang berlimpah bagi para masyarakat.

Sekarang bendungan ini tak hanya dimanfaatkan untuk perairan persawahan saja, namun para masyarakat khususnya pemuda memiliki inisiatif untuk dijadikan sebagai tempat wisata alam. Masyarakat setempat sangat mendukung rencana tersebut, mereka saling bergotong royong untuk membersihkan area bendungan.

Hal tersebut salah satu upaya agar bendungan tetap terjaga dengan baik karna mengingat jarak yang lumayan jauh. Bendugan ini berjarak sekitar dua kilometer (Km) dari area perkampungan Desa Jantho Baru, Kabupaten Aceh Besar.

Foto : Putri Purnama Sari 

Suasana alam yang berada di pedesaan menambah sensasi asri ketika datang ke kawasan bendungan, aliran air yang jernih dan bebas dari sampah rumah tangga dijamin betah untuk berlama-lama. Walau berada di alam bebas, namun kawasan ini tetap dingin dan tidak  terpapar sinar matahari karena rimbunnya pepohonan yang masih terjaga.

Menurut Adi, salah satu pemuda yang ikut melestarikan wisata bendungan ini mengatakan bahwa lokasi bendungan ini sangat strategis dan cocok untuk memanjakan mata para pengunjung dengan aliran air yang langsung dari kaki gunung.

“karna lokasi dan tempat yang strategis dan siap memanjakan mata para pengunjung dengan air yang langsung dari kaki gunung membuat lokasi ini punya potensi untuk dijadikan tempat wisata.” Katanya.

Untuk sampai ke wisata bendungan, pengunjung dapat langsung membawa kendaraan pribadinya hingga sampai dilokasi. Nah, bagi kalian yang punya jiwa travelling tinggi tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata bendungan yang berada di Jantho Baru ini.

Kuy isi weekend mu kesini !

No comments