Menag Gelar Silaturahmi dengan Ulama dan Tokoh Aceh di UIN Ar-Raniry

Share:


Oleh: Helana Sari dan Meli Saputri

WASATHA.COM, Banda Aceh - Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengadakan kunjungan silaturahmi kepada sejumlah tokoh dan Ulama beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) Aceh di Gedung Auditorium Ali Hasjmy Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Senin (18/11/2019) Banda Aceh.

Acara yang bertajuk "Silaturahmi Menteri Agama dengan Tokoh dan Ulama Aceh beserta ASN Dalam Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry" ini turut dihadiri oleh ratusan peserta dan dipenuhi oleh lantunan shalawat Nabi.

Fachrul Razi disambut begitu hangat oleh keluarga besar UIN Ar-Raniry saat tiba dilokasi acara dan dikalungkan selempang khas Aceh serta di pesejuk oleh Abu Paya Pasie merupakan Ulama kharismatik Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Warul Walidin dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kedatangan Menag Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi ke lingkungan kampus UIN Ar-Raniry.

"Sebuah kebanggaan bagi kita bahwa orang Aceh menjadi Menteri dan kami sangat berterima kasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat kelahirannya" ujar Prof Warul Walidin saat memberi kata sambutan.

Ia juga mengabarkan bahwa UIN Ar-Raniry akan terus membenahi segala pengembangan disiplin ilmu di era 4.0.

"UIN telah berusia 56 tahun, dan kedepannya akan terus mengupayakan berbagai ilmu kedisplinan di era 4.0 agar melahirkan lulusan yang memiliki nasionalisme yang kuat sepanajng sejarah Aceh, juga menjadikan sarjana yang berfikir kritis dan beraklak sehingga mampu membedakan yang mana opini dan asumsi," tambahnya.

Sementara itu Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada perwakilan putra Aceh yang terpilih sebagai Menteri Agama Republik Indonesia, ia juga menghanturkan rasa hormat yang sedalamnya.

“Aceh yang selalu di istimewa kan di negara ini seperti memiliki qanun sendiri. Dan kita sudah bersepakat telah lahir kelembagaan syariah untuk transaksi di Aceh,  pada tahun 2022 semua bank di Aceh telah menganut Bank Syariah di Aceh,” ujarnya.

Lebih lanjut Nova mengatakan bahwa Pemerintahan Aceh akan melakukan beberapa hal untuk menerapkan nilai-nilai yang islami dan penguatan ekstensi keislamaan dan menyebar luaskan kepada masyarakat.  Upaya tersebut sudah nulai menampakan hasil walaupun belum sempurna dan masih butuh kerja keras lagi.

“Pemerintah Aceh berharap khususnya kepada Menag untuk meluruskan semuanya,  dan jika nantik ada masalah kita akan duduk bersama untuk membahasnya,” ungkapnya.

Selain disambut hangat dengan tradisi Pemulia jamee ‘pesejuk’, Menag juga turut didoakan oleh Ulama Aceh Abu Ishak Lamkawe

"Kami para ulama senantiasa mendukung dalam mengembang tugas bapak, semoga Bapak diberikan kekuatan oleh Allah dalam membangun negara," pungkasnya. []


No comments