FKIP Unsyiah Buka Pendaftaran PPG Mandiri

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP Unsyiah) kembali membuka pendaftaran mahasiswa untuk program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun ajaran 2019/2020.

Unsyiah ditunjuk menjadi salah satu universitas yang dipercaya menyelenggarakan PPG Mandiri. Program tahunan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) di beberapa universitas di Indonesia.

“PPG Mandiri angkatan I FKIP Unsyiah terdiri dari bidang studi Penjaskes, PPKN, dan Sejarah. Tetapi, calon mahasiswa dari bidang studi lain tetap diizinkan untuk mengikuti seleksi di Unsyiah dengan memilih lokasi PPG di universitas lain,” ujar Ketua PPG FKIP Unsyiah, Dr. Samingan, M.Si, Kamis (7/11).

Ia menambahkan, jika program PPG Mandiri dilaksanakan selama dua semester dengan biaya pendidikan sebesar Rp8,5 juta per semester. Biaya pendidikan tersebut sepenuhnya ditanggung oleh mahasiswa. Bagi yang tertarik, proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id/

Samingan menyebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa PPG Mandiri, yaitu lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi dan program studi dengan akreditasi minimal B. Usia pelamar maksimal 30 tahun terhitung sampai dengan 31 Desember tahun pendaftaran. Bidang studi program PPG yang dipilih harus linear dengan kelulusan ijazah S1/D4, dan terdaftar dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

Pendaftaran dan pembukaan seleksi administrasi program PPG telah dimulai sejak awal November lalu. Samingan menambahkan, penutupan pendaftaran dilakukan pada 11 November. Dan di keesokan harinya, 13 November dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi.

“Bagi mereka yang lulus administrasi, diwajibkan mengikuti seleksi akademik, bakat/minat, kepribadian, dan panggilan jiwa,” ujarnya.

Hasil akhir dari segala tahapan seleksi ini akan diumumkan pada 23 November 2019. Samingan mengajak calon mahasiswa untuk segera mendaftarkan diri mengingat jadwal penutupan semakin dekat.[]

No comments