Dokter PPDS Obgyn Unsyiah Dilatih Bedah Dasar

Share:


WASATHA.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 23 Dokter Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Obgyn Regional 1 Sumatera, yang berasal  dari Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatra Utara, Universitas Andalas dan Universitas Negeri Riau mendapatkan pelatihan bedah dasar BSS1 (Basic Surgical Skill) mulai Jum’at – Minggu (3/11/2019) di Hotel Al Hanafi, Banda Aceh.

Dokter Spesialis Obgyn Unsyiah Prof. Dr. dr. Mohd Andalas, SpoG, yang hadir sebagai pemateri menjelaskan, pelatihan bedah dasar ini bertujuan untuk standarisasi skill para dokter calon spesialis obstetri dan ginekologi, sehingga mereka menjadi dokter yang kompeten nantinya.

Prof. Andalas menyebutkan, pelatihan BSS1 ini  merupakan pelatihan dari sebuah modul dasar dalam pembedahan ilmu obstetri dan ginekilogi. Adapun modul lainnya adalah BSS2, yaitu laparoskopi atau teknik operasi dengan sayatan minimal dan pelatihan ultrasonografi (USG) dasar.

“Maka Pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh dokter PPDS, karena merupakan bagian dari beberapa modul nasional dari Kolegium Obstetric dan Ginekologi Indonesia (KOGI),” ungkap Prof. Andalas.

Para Dokter PPDS ini dilatih oleh para pelatih nasional dari universitas terkait, yang dipimpin oleh Dr.dr.Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) dari KOGI, sekaligus merangkap sebagai Direktur Pelatihan ini.

Sementara pelatih lainya adalah Prof Dr dr  Mohd Andalas, SpOG, Dr dr Hasanudin, SpOG ( K), Dr dr Cut Meurah Yeni,SpOG(K), dr Munawar SpOG, dr Hilwah Nora. SpOG.(K) dari Unsyiah. Lalu dr Defrin,SpOG(K) dari Unand, dr Ari Hidayat.SpOG(K) dari UNRI dan dr Syamsul Arifin Nasution.SpOG(K) dari USU.

Dalam materinya dr. Dwiana menjelaskan,  bahwa modul pelatihan BSS ini berasal dari Royal College Obstetri dan Ginekologi United Kingdom. Pelaksanaan pelatihan ini juga merupakan wujud komitmen Kolegium Obgyn Indonesia, untuk terus berupaya meningkatkan standar lulusan dokter spesialis  yang kompeten di bidangnya, sehingga kelak mereka mampu menjadi dokter obgyn yang go internasional.

Saat ini Unsyiah memiliki 10 program pendidikan dokter spesialis yaitu spesialis Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Bedah, Ilmu Obgyn, Ilmu Kesahatan THT-KL, Pulmonologi, Anestesiologi, Kardiology, Ilmu Kesehatan Anak, Neurologi dan Ilmu Bedah Pelastik Rekonstruksi dan Estetik.[]

No comments