UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama dengan Diskominfo Aceh

Share:
Rektor UIN Ar-Raniry, Prof H Warul Walidin dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kadis Kominfo) Aceh, Marwan Nusuf BHS, MA. menadatangani naskah kerja sama kedua lembaga tersebut, disaksikan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Dr. Saifullah Idris, M.Ag. (Foto: Nat Riwat|Humas UINAR)



WASATHA.COM, BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry resmi menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Acara tersebut berlangsung pada hari kedua upacara wisuda semester genap tahun akademik 2018/2019, Rabu (4/9) di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry.

Penandatangan naskah kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof H Warul Walidin AK MA dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kadis Kominfo) Aceh, Marwan Nusuf BHS, MA. Serta turut disaksikan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Dr. Saifullah Idris, M.Ag.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Dr. Saifullah, M.Ag. mengatakan jalinan kerjasama tersebut menjadi hubungan mutualisme yang saling menguntungkan antara kampus UIN Ar-Raniry dengan Pemerintah Aceh melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh berkaitan dengan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

“Dengan terjalinnya kerjasama ini harapannya UIN Ar-Raniry dan Diskominfo Aceh dapat berkontribusi bersama-sama dalam melaksanakan berbagai program kerjasama dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang tersedia dilingkungan antara kedua belah pihak”, kata Saifullah usai kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Saifullah menjelaskan ruang lingkup kerjasama meliputi peningkatan kualitas pendidikan dan kegiatan ilmiah, peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta penerapan hasil-hasilnya, pengembangan sumberdaya manusia, pemanfaatan tenaga ahli, serta kegiatan lain untuk pengembangan perekonomian masyarakat pada umumnya.

“Kerjasama ini bertujuan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk memanfaatkan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat serta pengembangan SDM maupun pengembangan dibidang lain termasuk sosialisasi keterbukaan informasi publik dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional untuk meningkatkan program kerja”, kata Saifullah.

Sebelumnya, pada hari pertama wisuda, Selasa (3/9) UIN Ar-Raniry juga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan multi sektor, baik di UIN Ar-Raniry maupun di Lingkungan Aceh Jaya.

Nota kesepahaman (MoU) tersebut ditandatangani Bupati Aceh Jaya, Drs. HT. Irfan TB yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya, H Mustafa dengan Rektor UIN Prof Warul Walidin.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Warul Walidin AK, MA, mengatakan bahwa banyak hal yang dapat dilakukan kerja sama antara lembaga pendidikan dengan pemerintah, baik kabupaten kota maupun dengan dinas dan lembaga pemerintah lainnya di Aceh.

“Kerja sama yang dilakukan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, khususnya pada lembaga yang menjalin kerja sama, misalnya pembangunan sosial, pengembangan pendidikan, peningkatan layanan pemerintah, serta program lainya yang memungkinkan dilaksanakan,” ujarnya.

Ditambahkan, setiap tahunnya UIN Ar-Raniry melaksanakan pengabdian kepada masyarakat baik dilakukan oleh mahasiswa KPM maupun yang dilakukan oleh dosen. UIN Ar-Raniry terus membuka kesempatan untuk melakukan kerja sama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh.[]

No comments