Sambal Ganja, itu Halal!

Share:


Sambal ini diberi nama ganja karena rasanya yang begitu lezat dan bisa membuat si penikmat ketagihan lagi dan lagi


WASATHA.COM - Menu nusantara tanpa sambal tentu belum lengkap rasanya, sambal merupakan sajian wajib bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Meriahnya makan bagi kebanyakan orang justru karena cita rasa yang ditimbulkan dari paduan rasa gurih dan pedas.

Berbicara sambal, setiap daerah di Indonesia tentu memliki berbagai varian sambal, seperti di Tanah Rencong misalnya, jenis sambal yang dikenal dengan nama sambal ganja begitu familiar d ikalangan masyarakat Aceh.

Ganja adalah jenis narkoba terlarang di Indonesia, tapi lain halnya dengan di Aceh, sambal ganja di Aceh justru halal dan dapat dikonsumsi kapan saja dan di mana saja tanpa takut polisi. Sambal ganja bahkan diakui halal dan sangat disukai oleh semua kalangan.

Tapi, jangan salah dulu, sambal yang sangat kontrovesional dari namanya ini tidak benar-benar menggunakan daun ganja ketika diracik. Sambal ini diberi nama ganja karena rasanya yang begitu lezat dan bisa membuat si penikmat ketagihan lagi dan lagi.

Sambal ganja mempunyai nama asli asam udeung, sambal mentah khas Aceh yang memakai udang dan belimbing wuluh sebagai bahan utamanya, belimbing wuluh digunakan sebagai pembangkit rasa asam dan udang sebagai penonjol rasa gurih, sambal ganja paling sering dinikmati dengan nasi putih yang masih panas.

Nah, untuk anda yang penasaran dengan rasa dari sambal ganja, anda hanya perlu menyiapkan udang segar, belimbing wuluh dan beberapa bumbu dapur seperti garam, bawang merah dan cabe rawit. Sambal ganja juga harus dilengkapi dengan irisan daun jerut purut dan sereh.

Untuk membuatnya Langkah pertama yang harus dilakukan ialah  memastikan udang sudah dicuci bersih lalu dilumuri garam dan perasan jeruk nipis. Hal ini berguna untuk menghilangkan bau amis, kemudian udang di goreng hingga kering.

Langkah kedua, ulek kasar secara bersama cabai, bawang, daun jeruk dan sereh. Selanjutnya ulek belimbing wuluh yang sudah dipotong kecil-kecil tambahkan udang, kemudian di ulek lagi hingga tercampur rata.

Di Aceh nyaris tak ada sambal khas yang terkenal se Indonesia. Namun masyarakat Aceh sering menjadikan segala aneka jenis asam sebagai menyantap nasi. 

Tidak hanya asam udeung saja, masyarakat Aceh juga mengolah ikan dengan bumbu bercita rasa asam gurih yang dinamakan dengan asam keu eung (asam pedas) yang merupakan menu andalan keluarga di Aceh pada umumnya.

Masih penasaran dengan Sambal Ganja, Yuk ke Aceh saja! [Helena Sari]

LIHAT VIDEO:

No comments