Pengurus Lembaga Mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry Resmi Dilantik

Share:



Laporan: Helena, Meli

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema) serta seluruh pengurus HMP se-lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) resmi dilantik oleh Dekan, Dr Ernita Dewi M. Hum pada Sabtu (6/7/2019) di Aula Rektoratrat UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Berdasarkan Surat keputusan yang dibacakan oleh Widya Safitri, pengurus Dema yang dilantik berjumlah 63 orang, Sema 26 orang, HMP Ilmu Politik 81 pengurus dan HMP Ilmu Administrasi Negara berjumlah 78 mahasiswa.

Dekan FISIP mengatakan calon terpilih merupakan generasi baru dan mempunyai semangat dan ide yang baru untuk Program baru tentang bagaimana membangun organisasi kemahasiswaan. 

Ia mengingatkan kepada pengurus baru untuk dapat lebih terampil lagi kedepanya dan memiliki beberapa program unggulan yang akan dijalankan terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi seperti di bidang pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian kepada masyarakat.

"Banyak kampung yang membutuhkan kinerja mereka dalam hal membantu desa menuju desa kreaktif dan inovatif dan mandiri. Salah satunya adalah kedatangan mahasiswa kita untuk memperbaiki sistem administrasi perdesaan dan untuk Program politik saya pikir Program mereka akan diarahkan nanti untuk memberikan pendidikan  Politik kepada maayarakat,” ujarnya.

Hal tersebut dikatakannya karena mengingat pemahaman politik sekarang lebih mengarah kepada politik polisarisasi pemikiran sehingga terjadi konflik pemikiran terkait dengan Pemilu yang lalu.

“Jadi anak anak FISIP harus bisa terjun ke masyarakat agar dapat memberikan kontribusi terbaik tentang  politik yang baik, santun serta sesuai dengan syariat islam," ujarnya.

Senada dengan dengan hal tersebut, Wakil Dekan III FISIP, Ade Irma B.H Sc., MA berharap agar kandidat terpilih dapat berfikir lebih luas bukan untuk diri sendiri namun berfikir agar dapat berkontribusi kepada masyarakat.

Ia mengingatkan, sebagai generasi milenial yang harus memikirkan orang banyak, kandidat terpilih harus bisa saling menguatkan untuk bergerak membesarkan UIN, Aceh dan Indonesia dengan cara membangun jejaring antar sesama serta membangun MoU dengan beberapa lembaga.

"Agen perubahan harus menjadi lebih baik, berfikir kreaktif ke arah yang lebih baik. Setiap orang adalah pemimpin dan usia sekarang kita tidak harus memikirkan diri sendiri akan tetapi memikirkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Presiden Mahasiswa, Rizki Ardial berharap agar pengurus lembaga mahasiswa di FISIP dapat lebih baik sehingga menjadi model terhadap organisasi mahasiswa yang ada di fakultas lainnya.

“Semoga dapat mengemban amanah dan lebih kreatif dalam apapun karya yang ada di FISIP serta dapat dikembangkan sehingga lahirlah program kerja yang bermutu yang dapat membangkitkan akreditasi Fakultas terutama untuk UIN kita,” harapnya.

Pelantikan yang mengusung tema "Semangat Volunterisme dalam Mewujudkan Organisasi Mahasiswa Fisip yang Berintegrasi" ini dihadiri oleh para dosen dan seluruh lembaga mahasiswa kampus. []

No comments