Meriahkan Milad Ke-4, Radio Assalam Gelar Donor Darah Bersama PMI

Share:





WASATHA.COM, Banda Aceh –Memeriahkan Milad ke-4, radio Assalam akan menggelar donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan KSR PMI unit Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. 

Acara ini akan digelar pada 1 Juli 2019 mendatang, dan dilangsungkan pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Kegiatan ini bertempat di lobi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Station Manager radio Assalam Arif  Ramdan mengatakan, acara ini dibuka untuk umum. Sehingga, acara ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa/i atau civitas akademika UIN Ar-Raniry, tetapi bagi seluruh masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

“Acara ini kita dibuka untuk umum, jadi semua kalangan dapat mendonorkan darahnya, tidak terbatas hanya mahasiswa UIN atau civitas akademika UIN Ar-Raniry,” kata Arif  Ramdan Station Manager radio Assalam.

Arif juga menambahkan, ia sangat berharap antusiasme dari masyarakat untuk ikut mendonorkan darahnya dalam rangka memeriahkan Milad ke-4 radio Assalam. Sehingga dengan antusiasme pendonor, diharapkan kegiatan ini dapat terus digelar setiap tahunnya.

“Semoga antusiasme ini dikarenakan sifat sosial dan berdampak positif bagi kesehatan pendonor. Bila memungkinkan, kegiatan ini akan kita adakan setiap tahunnya,” kata Arif.

Hasil dari donor darah ini nantinya akan diserahkan kepada pihak PMI untuk kemudian akan diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Seperti untuk kebutuhan pasien yang menjalani operasi, kecelakaan maupun tindak medis lainnya yang membutuhkan banyak darah.

Donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya dapat mencegah kanker sejak dini. Ini terjadi karena pengurangan jumlah zat besi dalam darah, dan dibuang melalui donor darah. Zat besi yang tinggi dalam tubuh bisa mengakumulasi risiko radikal bebas yang memicu kanker.

Selain itu, donor darah juga dapat melancarkan peredaran dan sirkulasi darah menuju jantung akan lebih baik. Sehingga bila kegiatan donor darah dilakukan secara rutin, maka dapat mencegah dari risiko serangan jantung sejak dini. 

No comments