Pulot Panggang Jajanan Khas Aceh

Share:








  

WASATHA.COM, Banda Aceh - Pulot panggang merupakan salah satu kuliner khas Aceh. Sekilas dilihat, bentuknya mirip dengan timphan, ikan pepes, terasi kalau ukuran yang kecil pasti mirip dengan beulacan. Nah, kalau kalian berlibur ke Aceh, salah satu tempat yang menjual pulot panggang khas Aceh ini ada di kabupaten Aceh Besar tepatnya di Desa Lam Ara Cut, Samahani, Aceh besar.

Cemilan yang satu ini sangat lezat di cicipi langsung setelah dipanggang dengan menggunakan arang, dan pulot ini juga bisa  padukan dengan air tebu, kopi, teh dan sebagainya. sangat cocok dinikmati sembari bersantai sore bersama keluarga tercinta. 

Membuat pulot panggang ini sangatlah mudah. Bahan  utama yang digunakan adalah beras ketan putih, santan gula, garam dan daun pisang untuk membungkus nya. Pertama cukup campurkan semua bahan, kecuali daun pisang ya. Kemudian adonan dibbungkus dengan daun pisang seperti kita membuat pepes. dan terakhir panggang dengan arang. 

Makan pulot panggang ini memiliki cita rasa tersendiri. Aroma daun pisang yang bercampur dengan adonan ketika dipanggang sungguh menggoda penikmatnya. Jajanan yang satu ini sering  disajikan sebagai cemilan pelengkap kopi. Selain menjadi temannya kopi, pulot ini juga cocok dipadukan dengan air tebu.

Nah, Ramadhan sebentar lagi, sudah siap bukan untuk menjadikan pulot sebagai menu berbuka. [Rozana]


No comments