Iklan

Iklan

Hadapi Era 4.0, FEBI UIN Ar-Raniry Bahas Kebutuhan SDM Ekonomi Islam

Mabrur Muhammad
4/22/19, 23:43 WIB Last Updated 2019-04-22T16:43:21Z


WASATHA.COM, Banda Aceh -
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar Kuliah Umum tentang Kebutuhan SDM Ekonomi Islam di Era 4.0 bersama Mohamad Soleh Nurzaman, Ph.D, dari Komite Nasional Keuangan Syariah Republik Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Teater FEBI, Senin (22/4/2019).
Dekan FEBI, Dr. Zaki Fuad, M.Ag, disela-sela kegiatan mengatakan, kuliah umum tersebut untuk memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswa dalam rangka kesiapan mereka khususnya prodi ekonomi syariah, sejauh mana mereka telah mempersiapkan diri di era revolusi 4.0, apalagi ke depan pekerjaan lebih banyak dikerjakan oleh mesin, namun secanggih apapun mesin sumber daya manusia tetap dibutuhkan, tentu dengan kemampaun yang maksimal.
“Alumni kita apakah sudah siap bersaing dengan kampus lain, sebab di Indonesia ada 800-an prodi Ekonomi Syariah yang talah dikembangkan diberbagai kampus, dengan jumlah alumni dari berbagai kampus tersebut sejauh mana kemampuan mereka untuk mersaing,” ujarnya.
Untuk itu tambah Dr Zaki, FEBI UIN Ar-Raniry mengundang narasumber untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, kali ini FEBI mengundang narasumber dari Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), yakni Mohamad Soleh Nurzaman, Ph.D.
“Narasumber menyampaikan materi terkait bagaimana dan aspek apa saja yang harus dipersiapkan oleh lembaga atau kampus yang melahirkan alumni atau sarjana ekonomi syaraiah,” katanya.
Zaki Fuad menambahkan, materi yang disampaikan antara lain dalam kuliah umum tersebut antara lain, bahwa Indonesia merupakan sebuah Negara yang konsumen terbesar di Asia, secara politik ekonomi kita melihat bahwa tidak ada Negara industri yang tidak melakukan hubungan baik dengan Indonesia, karena peluang untuk menjual produk sangat tinggi ke Indonesia.
FEBI terus melakukan pengembangan, kata Dekan, termasuk menerapkan kurikulum berbasis KKNI, menyelenggarakan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman, salah satunya merekan harus memiliki keterampilan, hal tersebut merupakan untuk menjawab tantangan di masa medatang.
Terkait dengan kesiapan mahasiswa akan menyandang gelar sarjana, Zaki Fuad menegaskan bahwa karir yang dapat dikembangkan oleh alumni ekonomi syariah bahwa akan dapat bekerja diberbagai tempat, baik di pemerintahan maupun di tempat swasta lainnya, dengan modal teori dan keterampilan yang dimiliki. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hadapi Era 4.0, FEBI UIN Ar-Raniry Bahas Kebutuhan SDM Ekonomi Islam

Terkini

Topik Populer

Iklan