Antusiasme Warga Gampong Buket Teungoh menyambut Pesta Demokrasi

Share:


WASATHA.COM, Pidie Jaya - Proses pemilihan calon presiden, calon wakil presiden dan calon legislatif berlangsung dengan lancar di TPS 001 Gampong Buket Teungoh, kecamatan Jangka Buya, Kabupaten Pidie Jaya, Rabu (17/4/2019).


Antusiasme warga Gampong Buket Teungoh dalam menyambut Pemilu terlihat dari banyaknya warga yang berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat.
Warga rela berpanas-panasan demi mendapatkan giliran untuk menggunakan hak pilih masing-masing.

Uniknya, Warga menghias tenda TPS dengan balon dan kertas gabus warna warni sebagai simbol bahwa pesta demokrasi rakyat sedang berlangsung.

"Pemilu adalah hari dimana rakyat menentukan nasib hidup dan bangsa untuk 5 tahun kedepan, sebab itu kami harus datang untuk memeriahkan hari pemilu dan menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya," ungkap Aisyah salah seorang warga yang ikut mencoblos.

Sebagian besar pemilih merupakan lansia yang pengelihatan mereka tidak baik lagi, sehingga banyak dari mereka yang harus didampingin dan diberi arakan tentang mekanisme pencoblosan.

Hampir 60%  warga Gampong Buket Teungoh tidak memahami mekanisme pencoblosan, berapa kertas suara yang harus mereka coblos.

Mereka juga mengaku kesulitan dalam mengingat warna kertas suara sehingga calon Legislatif yang ingin dipilih sulit untuk mereka temukan dan  membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya.

No comments