Iklan

Iklan

Psikologi UIN Ar-Raniry Tuan Rumah Konsorsium Keilmuan Psikologi PTKI se-Indonesia

10/19/18, 11:54 WIB Last Updated 2018-10-19T04:54:30Z

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjadi tuan rumah konsorsium keilmuan psikologi ke-3 tahun 2018 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia, kegiatan tersebut berlangsung 16-18 Oktober 2018 di Kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, selaku tuan rumah, Prof. Eka Srimulyani, S.Ag., MA., Ph.D, disela-sela kegiatan, Rabu (17/10/2018) mengatakan, pada konsorsium tersebut hadir para perwakilan dari berbagai fakultas atau program studi psikologi pada kampus-kampus PTKI se-Indonesia yang memiliki prodi Psikologi, serta perwakilan dari beberapa kampus umum lainnya.
“Konsorsium ke-3 tersebut yang merupakan agenda tahunan PTKI baik STAIN, IAIN maupun UIN yang memiliki konsentrasi psikologi, sebelumnya kegiatan tersebut telah dilaksanakan di UIN Bandung dan UIN Surabaya, dalam rangka membahas isu-isu terkini terkait dengan pengembangan fakultas dan prodi psikologi di Perguruan Tinggi di Indonesia,” ujarnya.
Menurutnya, kegiatan tersebut dirangkai dengan pertemuan ilmiah dengan tujuan agar ada muatan pertemuan ilmiah akademik yang lebih kuat dengan konferensi mengenai ketahanan keluarga dalam padangang psikologi dalam islam.
“Bagian dari rangkaian itu ada dua model yang dilaksanakan, pertama pleno yang dikuti oleh seluruh peserta dan kelasa parallel dengan pembicara-pembicara yang diseleksi dari abstrak yang mereka kirim, selanjutnya ada juga kegiatan tentang symposium tentang family studies, pembicaranya yang merupakan pakar psikologi dari University of New Castle, Professor Alan Hayes, Ph.D dan Dr. Deborah Hartman dari Family Action Center University of New Castle, ini berlangsung secara teleconference di ICT Center UIN Ar-Raniry,” kata Prof Eka.
Selain itu, tambah Dekan Psikologi UINAR, Pembicara pada pleno konferensi diisi oleh psikolog Asep Haerul Gani, psikolog, Dr. Marty Mawarpury, Fatmawati S.Psi, Psych (hons) M.Sc dan Nurjannah. Sedangkan narasumber dalam forum sharing guru besar disampaikan oleh Prof. Abdul Mujib, dari tim penilai guru besar DIKTIS Kementrian Agama.
Kegiatan tahunan ini secara umum dirangkai dengan empat kegiatan antara lain dilakukan pertemuan khusus para dekan dan ketua prodi psikologi se-Indonesia, bersama Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag melalui teleconference, membahas isu-isu strategis pengembangan keilmuan psikologi PTKI. Selanjutnya dilaksanakan konferensi mengenai Ketahanan Keluarga dalam Perspektif Islam dan Psikologi, Symposium on Family Studies, serta forum sharing persiapan menjadi guru besar.
“Kegiatan tersebut diharapka tidak menjadi seremonial tahunan saja, tapi lebih dari itu memberi dampak substantif terkait kebijakan dalam pengembangan keilmuan psikologi di PTKI, serta memberi wawasan tambahan kepada para dosen, peneliti, mahasiswa dan peminat kajian psikologi secara berkelanjutan,” kata Dekan Psikologi UINAR.
Dia juga berharap, kegiatan tersebut dapat melahirkan temuan-temuan, inspirasi dan pengaruh dari kebijakan terutama dalam kajian keluarga, khusus dalam keilmuan psikologi ada beberapa keinginan secara teknis bahwa akan ada beberapa perubahan kebijakan yang dapat meberikan manfaat lebih bagi eksitensi prodi psikologi terutama psikologi islam yang ada di PTKI, termasuk standar kurikulum dan titel yang digunakan bagi alumni.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 peserta, terdiri dari 42 delegasi fakultas dan prodi psokologi se-Indonesia, 27 pembicara serta 70 lebih peserta lainnya yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut baik dari lokal maupun nasional. [Nat]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Psikologi UIN Ar-Raniry Tuan Rumah Konsorsium Keilmuan Psikologi PTKI se-Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan