Iklan

Iklan

Tanggal 16 Dan 17 Juli, Waktu yang Tepat Cek Arah Kiblat

7/15/18, 12:19 WIB Last Updated 2018-07-15T05:20:45Z

WASATHA.COM, JAKARTA - Syariah (Urais Binsyar) Juraidi menjelaskan, berdasarkan data astronomi, Senin (17/7/2018) dan Rabu (18/7/2018) lusa, matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah. Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

“Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka’bah,” terang Juraidi di Jakarta, sebagaimana laporan Kemenag yang dikutip MINA, Sabtu (14/7/2018).

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal juga dengan nama Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah,yaitu waktu matahari di atas Ka’bah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum ini, lanjut Juraidi, dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.


Dijelaskan Juraidi, ada beberapa hal yang perlu diperhaikan dalam proses verifikasi arah kiblat, yaitu pertama, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan Lot/Bandul.

Kedua, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, dan ketiga, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom. (minanews.net)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanggal 16 Dan 17 Juli, Waktu yang Tepat Cek Arah Kiblat

Terkini

Topik Populer

Iklan