Tahajudlah! Jika Anda Ingin Sejahtera

Share:


SHALAT tahajud tergolong shalat sunnat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. Hukum mengerjakan shalat tahajud ialah sunnat muakkad. 

Dalam Al-Qur’an ditegaskan, shalat tahajud ini akan sangat berpengaruh dalam menentukan posisi seorang hamba yang beriman. 

Maka tidaklah berlebihan apabila mereka yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan posisi yang sangat terpuji. 

Shalat tahajud merupakan shalat malam yang paling utama dilakukan pada sepertiga malam terakhir, karena pada saat itu kekhusyukan akan lebih cepat diperoleh dalam keheningan malam penuh berkah. 

Allah menjelaskan dalam firman-Nya pada surah Al-Isra’ ayat 79: Artinya: “Hendaklah engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk shalat tahajjud, sebagai shalat sunnat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik.” 

Dan juga Allah berfirman dalam surah Al-Muzzammil ayat 6: Artinya: “Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih terkesan.” 

Demikian pula dalam sebuah hadits, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjelaskan: 

Artinya: “Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdoa), pasti akan Ku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku beri dan adakah yang mengharap (memohon) ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya sampai tiba waktu subuh.” (Al Hadis). 

Dalam hadis yang lainnya, Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wassalam bersabda: 

“Hai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan (pada orang yang sangat membutuhkan), sambunglah sanak kerabat, shalatlah di waktu malam di saat orang-orang sedang tidur nyenyak, niscaya kalian semua akan masuk surga dengan selamat dan sejahtera.” (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah dan Tirmidzi). [Ayi]