Jangan Sombong, Malu Sama Allah!

Share:
Foto : Google
SALAH satu bukti kesombongan seseorang adalah egocentris. Alias sikap ke-aku-an yang tinggi. Banyak mengatakan “aku”, “aku”, dan “aku”. Sikap sombong yang senang menbanggakan diri sendiri seolah-olah segalanya adalah “aku”. Dan orang lain dianggap rendah, karena beranggapan tidak ada yang lebih baik dari pada “aku”.

Namun, sesombong apapun manusia tetap masih ada tandingannya. Seperti kata pepatah, diatas lagit masih ada langit. Ketika manusia merasa bangga akan kelebihan yang dimilikinya, pasti masih ada orang lain yang lebih dari dirinya. 

Begitulah seterusnya sampai kepada yang paling diatas, yaitu Allah. Pada akhirnya kesombongan itu hanya milik Allah, karena tidak ada yang bisa menandingi kesempurnaan-Nya.

Kendati Allah punya sifat Maha Takabur, namun pada kenyataannya kita lihat dalam kitab suci Al-Qur’an Allah tidak pernah menyebut dirinya sebagai “aku”. Selalu Allah menyebut dirinya dengan sebutan “kami”. Dari 6.666 ayat, Allah hanya satu kali saja menyebut dirinya “Aku”. Yaitu pada ayat ke 186 surah Al-Baqarah Allah berfirman:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al-Baqarah: 186)

Tapi ketika Allah berbicara tentang penciptaan, pemusnahan, dan segala kekuasaan Allah yang Maha dahsyat lainnya, Allah tidak pernah mengatakan “aku” tetapi Allah sebut dirinya dengan sebutan “kami”. Subhanallah.. Allah saja rendah hati, masa kita sombong?[Nur Halimah]/Dhi

***
Berkah Bisnisnya, Banyak Rezekinya | yuk! gabung di komunitas Paytren klik di Sini