Menara Suar di Pulo Aceh

Share:
(Foto: Dok. Hidayat)

PULO Aceh merupakan salah satu kepulauan terluar Indonesia yang terletak di belakang kilometer nol Indonesia. Pulau ini terletak di Kabupaten Aceh Besar, tepatnya di bagian paling barat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keindahan alam pulau di ujung pulau Sumatera ini tentu  sudah tidak diragukan lagi.
Dari sejumlah foto yang diupload di jejaring sosial, baik di Facebook, Instagram, BBM maupun di berbagai media lainnya, menunjukkan betapa indahnya kepulauan yang terletak di ujung barat pulau Sumatera ini. Objek yang ditampilkan pun beragam, baik objek wisata alam berupa pantai dengan pasir yang putih, wisata alam bawah laut hingga wisata sejarah.
Wisata alam berupa keindahan pantai Pulo Aceh yan tersebar di berbagai media pun tampak menggiurkan mata. Siapapun yang melihat sejumlah foto alam wisata pantai Pulo Aceh dengan pasir putih dan laut yang biru, tentu penasaran dan menarik rasa ingin segera mengunjungi kawasan tersebut, belum lagi dengan keindahan terumbu karang di dasar laut pulau tersebut.
Pulo Aceh juga memiliki sebuah objek wisata sejarah yang langka terdapat di daerah lainnya di dunia, yaitu wisata sejarah menara Suar. Menara ini yang dibangun colonial Belanda pada masa penjajahan. Menara dengan warna merah putih dan hitam yang kini sudah berubah menjadi warna merah putih itu berdiri dengan gagahnya menjulang sekitar 50 meter keatas.
“Kalau belum sampai ke menara Mercusuar ini, rasanya seperti belum ke Pulo Aceh,” ungkap Hidayat, salah seorang Mahasiswa asal Pulo Aceh.
Selain itu, pesona alam Pulo Aceh masih tampak sangat menyegarkan mata karena masih sangant alami belum tersentuh kejahilan tangan manusia. Setiap tempat di pulau ini terlihat sangat menarik, apalagi dengan keramahan warga setempat terhadap wisatawan dam tamu yang berkunjung. 

“Warga Pulo Aceh sangat senang kalau ada tamu yang datang, selama pengunjung sopan, tidak ada masalah,” pungkas Hidayat. [Syarifah Mazidah]/Ron