Enam Manfaat Buah Gandaria Bagi Kesehatan

Share:
Foto : Google
GANDARIA atau dalam nama lokal lainnya disebut Jatake, adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan ia juga termasuk salah satu tanaman spesifik di kota Ambon.

Gandaria ini bukan hanya buahnya saja bisa dimanfaatkan, akan  tetapi daun dan batangya juga bisa dimanfaatkan, buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan orange jika sudah matang, namun ada juga bewarna lainnya.

Buah ini sering di konsumsi sebagai rujak atau pun campuran sambal (terasi), sedangkan yang warna kuning rasanya asam, dan ada juga sebagian rasanya manis, buah ini juga bisa langsung di makan atau diolah menjadi juice.

Bentuk pohon tanaman gandaria besar dan memiliki kulit batang retak- retak berwarna coklat muda, dan memiliki ranting yang bergantung.

Daunnya memiliki daun tunggal, dan berbentuk bundar atau lonjong, warna daun waktu mudah berwarna putih dan berangsur ungu tua, berkilat dan memiliki pinggir rata mempunyai tangkai panjang.

Bunga buah gandaria ini berbeda dengan bunga buah lainnya, bungga buah ini muncul di ketiak daun dengan panjang 4-12 cm.

Bentuk buah gandaria ini  bulat dan ada juga sebagian yang lonjong mempunyai warna kuning, daging buahnya mengeluarkan cairan kental dan mengandung campuran rasa asam manis.

Namun apa saja manfaat dari buah gandaria ini?

Berikut manfaatnya bagi kesehatan yang perlu ketahui:

Pertama, Mempercepat Penyembuhan Luka. Banyak orang yang memiliki tubuh atau kulit yang sulit untuk sembuh jika terkena luka. Dengan mengonsumsi buah ini akan membantu tubuh Anda menyembuhkan luka dengan lebih

Kedua, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Daya tahan tubuh atau sering disebut dengan sistem imun adalah pertahanan tubuh Anda untuk menghindari berbagai penyakit, sehingga Anda tak perlu terserang penyakit.

Ketiga, Mencegah Kanker. Buah ini akan melindungi sel-sel tubuh Anda dan menangkal berbagai macam efek radikal bebas, sehingga kemungkinan timbul sel kanker bisa dihindari.

Keempat, Melancarkan Peredaran Darah. Aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh haruslah lancar. Hal tersebut akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan organ jantung Anda yang bertugas memponya bisa berfungsi elbih baik. Manfaat gandaria untuk hal tersebut bisa Anda peroleh dengan memakannya setiap hari.

Kelima, Mengatasi BAB. Susah BAB atau BAB yang tidak lancar merupakan akibat sari kurangnya konsumsi makanan yang berserat. Manfaat gandaria untuk hal ini adalah memberikan serat alami yang baik untuk pencernaan, sehingga proses pembuangan sisa makanan pun menjadi lancar.

Keenam, Obat Sariawan. Khasiat gandaria dengan kandungan vitamin C nya yaitu sebagai obat sariawan. Kemungkinan besar penyebab timbulnya sariawan atau luka pada rongga mulut Anda adalah karena Anda kekurangan asupan vitamin C. Konsumsilah buah ini dengan teratur agar kebutuhan vitamin C Anda tercukupi.

Itu dia beberapa manfaat dari buah Gandaria untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat pula.[Sinar]Dhi



 Baca Juga :

5 Solusi Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat