Teuraceu Alue Putek, Wisata Alami Di Pidie

Share:
[FOTO : wasatha.com/Khalid Muttaqin]

ALAM selalu menyediakan apa yang kita butuhkan. Tinggal kita untuk memikirkan bagaimana cara melestarikannya. Banyaknya pepohonan yang lebat dan pohon-pohon besar seakan menggambarkan betapa suburnya bumi Serambi Mekkah.

Aliran sungai menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitanya. Di tengah lebatnya hutan Aceh menawarkan berbagai macam keindahan seperti air terjun. Tidak hanya satu, banyaknya air terjun yang bearada di Aceh membuat banyak wisatawan datang ke Aceh, baik lokal maupun manca Negara.
 
Aceh memang memiliki destinasi wisata yang sangat banyak nan eksotis. Seperti pulau sabang, Gunung Gurutee hingga pulau Banyak di Aceh Singkil. Buktinya Aceh berhasil mendapat penghargaan sebagai World Best Halal Cultural Destination di ajang World Halal Tourism Award 2016 yang selenggarakn di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dari sekian banyaknya objek wisata yang ada di Aceh, wisata air terjun Alue Putek di Beungga Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie adalah salah satunya. Air terjun yang kerap disapa dengan nama Teuraceu Alue Putek manawarkan kondisi alam yang masih sangat sangat alami. Sepanjang perjalanan menuju ke sana kita dihadapkan dengan hijaunya pepohonan rindang yang membuat mata kita semakin di manja. 

Udaranya yang segar dan jauh dari polusi akibat asap kendaraan membuat kita betah berlama-lama di sini. Di tambah lagi airnya yang jernih serta bebatuan yang berlumut menjadi bukti betapa alaminya suasana air terjun ini. Bahkan, sangking jernihnya kita bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di air kecil yang bercucuran dan itu menjadi hiburan sendiri sehingga membuat kita nyaman berlama-lama disana.\

Tidak hanya sampai di situ, riuhnya kicauan suara burung yang bersahutan seakan makin menjelaskan betapa masih sangat alami air terjun ini. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 7 meter ini merupakan salah satu dari banyaknya air terjun lain yang berada di kaki Pegunungan Bukit Barisan.

Warga sekitar mengenal tempat ini dengan nama Teuraceu (air terjun) Alue Putek. Tempat ini hanya berjarak sekitar 40 km dari kota Sigli dan bisa di akses dengan perjalanan selama 30 menit ke gampong Keutapang.

Hanya dengan menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit jalan kaki agar sampai di lokasi air terjun yang indah ini.

Kurangnya publikasi media membuat tempat ini tidak begitu di kenal oleh masyarakat luas sehingga tempat ini hanya dikunjungi oleh wisatawan local saja. Padahal tempat ini bisa menjadi pilihan wisata akhir pekan yang cocok bersama keluarga atau teman dekat.[Zikrul Khalis]/ Dhi