Menikmati Bebek Encer ala Pak Ondon

Share:

GAYO dikenal dengan kulinernya. Namun ada yang unik dengan nama kuliner yang satu ini, yaitu Bebek Encer. Disebut Bebek Encer bukan berarti daging Bebeknya dihancurkan, melainkan hanya sebutan karena kuliner ini dimasak seperti sup dan dagingnya dicincang kecil-kecil.

Kuliner yang satu ini terletak di Jalan Kampung Jawa, Kecamatan Blang Kejeren, Kabupaten Gayo Lues. Pemilik warung tersebut bernama Ondon. Sehingga nama tersebut ditabalkan sebagai nama warung ini, yaitu Warung Ondon.

Duny Heryanto, salah satu pengunjung setia sup Bebek Encer pak Ondon mengatakan, ciri khas dan citra rasa kuliner ini membuat para pelangganya berkali-kali datang menikmati.

Bebek Encer dimasak memakai kuali tanah dengan api yang masih tradisional, yaitu kayu bakar, sehingga  menjadi ciri khas dari warung tersebut. Sebelum disup, daging bebek di potong kecil-kecil dan bumbu-bumbu yang digunakan digongseng terlebih dahulu, kemudian baru dihaluskan lalu dimasak. Hal inilah yang membuat citra rasa tersendiri pada kuliner tersebut.

Sup Bebek Encer dihidangkan bersamaan dengan nasi yang dibalut daun pisang. Tidak lupa juga sayur daun ubi lengkap cicah terasi yang disajikan. 

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup  dengan Rp. 35.000 ,Anda sudah bisa menikmati kuliner tersebut.

Warung ini dibuka dari jam 10.00 - 15.00 wib. Bagi anda yang berkunjung ke Gayo Lues, jangan lupa mencoba sup Bebek Encer bapak Ondon. Sup Bebek Encer menjadi salah satu makanan favorit diantara menu-menu lain,  baik warga lokal maupun wisatawan luar daerah.[Sinar]/Ron