Lima Cara Tampil Cantik Yang Diridhai Allah

Share:

 [FOTO : wasatha.com / Eka]

WANITA selalu ingin tampil cantik setiap saat, dan hal yang paling utama diperhatikan wanita adalah kecantikan wajahnya.

Untuk membuat  wajah putih berseri berbagai cara pun dicobanya, mulai dari menggunakan bahan yang alami  sampai perawatan yang merogoh banyak uang.

Didalam agama islam sangat mudah untuk mendapatkan wajah cantik berseri dan membuat awet muda tentunya.

Lima Cara yang harus dilakukan oleh seorang muslimah

Pertama, Berwudhu | Tampil cantik sudah menjadi keinginan semua kaum Hawa, berwudhu adalah sesuatu  yang ringan dilakukan, namun masih banyak yang mengabaikannya, wudhu dilakukan tidak hanya ketika hendak shalat, namun selain dari shalat, juga harus menjaga wudhu.

Dalam berwudhu terdapat banyak pahala yang dapat diperoleh.

Sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa sallam:

“Tidak ada seorangpun diantara kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian mengucapkan syahadat, melainkan dibukakan baginya delapan pintu surga dan dapat memasukinya darimana saja ia mau”.

Dengan berwudhu tidak hanya membuat wajah menjadi cantik berseri di dunia, melainkan juga di akhirat.

Sabda Nabi shallalluhualaihi wa sallam:

“Saya ingin sekali bertemu dengan saudara-saudara saya, kata para sahabat, ya Rasulullah kami saudara-saudara anda! Kata Nabi “bukan, kalian adalah sahabat-sahabatku, saudara-saudaraku yang datang nanti sepeninggalku. Sahabat berkata: ya Rasulullah bagaiamana anda mengenal mereka sementara anda tidak pernah jumpa mereka dan mereka belum pernah jumpa anda? Kata Nabi: sungguh dari tempat-tempat wudhunya umatku akan keluar cahaya yang terang dan tidak ada itu pada umat yang lain”. (H.R Bukhari)

Kedua, Murah Senyum | Senyum merupakan bagian dari kehidupan seseorang, tidak ada orang yang hidup di dunia ini tanpa senyum, Senyum juga dapat membawa kedamaian.

Dalam ilmu kesehatan ketika seseorang tersenyum, hanya menggunakan 17 otot wajah, jika di banding dengan orang ketika  marah atau cemberut dia menggunakan 43 lebih banyak otot wajah. Senyum dapat mengurangi stress dengan begitu wajah selalu terlihat ceria dan awet muda.

Selain itu senyum juga memiliki nilai sedekah dan menjadi teladan dari Rasulullah yang patut kita contoh.

“Dari Abu Dzar ra, dia berkata, Rasulullah Shallallahualaihi wa sallam bersabda: “senyummu di hadapan saudaramu, sesama muslim adalah sedekah bagimu”. (H.R Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Ketiga, Menghilangkan Sifat Iri dan Dengki | Seseorang wanita yang ingin tampil dengan wajah cantik, harus menghilangkan sifat tersebut.  Sifat ini merupakan penyakit hati yang sangat berpengaruh terhadap kecantikan wajah seorang wanita, ketika perasaan iri dan dengki itu muncul dalam dari seseorang,  maka hati dan pikiran akan merespon hal yang negative, yang dapat membuat wajah terlihat kusut dan kusam.

Selain itu, perbuatan iri dan dengki  juga dilarang dalam ajaran islam.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang di lebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. Karena bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi perempuan pun ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya, sungguh Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. (An-nisa’:32)

Keempat, Melaksanakan Shalat | Setiap kaum laki-laki dan wanita wajib melaksanakan perintah Allah yang satu ini. Shalat merupakan pembeda antara orang islam dengan orang kafir.

Namun, tidak hanya itu setiap gerakan shalat juga sangat bermanfaat terhadap kecantikan agar wajah terlihat lebih segar dan berseri, terutama pada gerakan sujud. Ketika sujud darah akan mengalir keseluruh wajah sampai ke otak sehingga tidak hanya menyehatkan tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan wajah.

Tidak hanya shalat wajib shalat sunnah pun dapat menjadikan wajah cantik berseri, seperti shalat malam/Tahajjud.

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Rabb-nya dengan rasa takut dan harap dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat)yang menyedapkan pandangan mata, sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (As-Sajdah:16-17)

Kelima, Menyayangi Anak Yatim | Orang yang menyayangi anak yatim pasti memiliki hati yang lembut dan penuh kasih sayang, kelembutan ini akan terpancar melalui wajah seseorang sehingga tidak hanya cantik dari luar tapi juga cantik dari dalam. Bukan hanya itu, orang yang menyayangi anak yatim dijamin surga baginya.

Dari Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah Shallallahualaihi Wa sallam bersabda:

“Saya dan orang yang memelihara anak yatim di surga, seperti ini (sambil merenggangkan jari telunjuk dan jari tengah).” Begitulah kedekatan orang yang menyayangi anak yatim dengan Rasulullah di surga.


Semoga Allah selalu memberikan kemudahan terhadap muslimah yang ingin memiliki wajah cantik yang sesuai dengan ajaran Islam. Tak ada kata terlambat untuk menjadi wanita yang tampil cantik dengan cara islami selama hayat masih di kandung badan. [Eka Yuliastika] / Tek