Kreasi Unik Pemuda Aceh Cetak Foto di Atas Kayu Pinus

Share:

LAZIMNYA mencetak foto di atas lembaran kertas, tapi kali ini ada yang bisa mencetaknya di atas potongan kayu  dengan tehnik printing.

Pelayanan mencetak foto di atas kayu bisa dijumpai di salah satu stan yang ikut menyemarakkan acara Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset  (PIONIR) VIII UIN Ar-Raniry.

Mereka yang memiliki ide unik ini merupakan pemuda Aceh.  Mereka  memilih berkreasi dengan memanfaatkan kayu-kayu  pinus.

Foto yang dicetak memanfaatkan teknologi mesin khusus dan komputer.

Modal utama yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya selain teknologi yaitu skill dalam pengeditan foto.

Menurut Abrar,  Hasil cetak foto diatas kayu sangat berpengaruh dari hasil fotonya.

Jika fotonya HD maka akan lebih baik. Sebelum mencetak di atas kayu,  foto yang dari pelanggan terkadang perlu diedit lagi dengan menggunakan aplikasi Photoshop.

"Kalau proses pembuatannya kami pakai mesin, cuma kalau lebih detailnya tidak bisa dijelaskan karena ini terkait rahasia dagang, takutnya nanti diplagiat," tutur Abrar saat ditanya bagaimana proses pembuatannya.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi sesuai ukurannya. Ada yang berikuran 20 cm x 15 cm dengan harga 95 ribu rupiah, ada juga dengan ukuran terbesar 30 cm x 40 cm dengan harga 220 ribu rupiah.

Selain di stan, tempat pembuatannya ada di Pango Raya, Ulee Kareng.


Proses pemesanannya bisa ketempat langsung atau bisa melalui media sosial instagram dengan nama akun @kayesouvenir. (Desi Haslina)