Ketahuilah, Ini Kelebihan Surah Al-Ikhlas

Share:
Foto: Wasatha.com/Eva

Bagi umat muslim, siapa yang tak kena dengan surat Al-Ikhlas. Surat yang terdiri dari tiga ayat ini menjadi salah satu surat yang dibacakan pada ibadah shalat. Di sadari ataupun tidak, ternyata surat Al-Ikhlas memiliki kelebihan-kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh surat-surat lainnya di dalam Al-Quran.

Salah satu kelebihannya yaitu, bahwa dengan membaca surah Al-Ikhlas pahala yang diberikan setara dengan membaca sepertiga dari Al-Qurann itu sendiri. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW:
Diriwayatkan Abi Darda, Nabi SAW bersabda, "Apakah salah seorang diatara kalian tidak sanggup membaca 1/3 dari Al-Quran dalam satu malam?" Para sahabat menjawab, "Bagaimana mungkin seseorang bisa membaca Al-Quran 1/3 hanya dalam waktu satu malam?" Nabi menjawab, "Surah Al-Ikhlas setara dengan 1/3 Al-Quran." (HR. Muslim)
Kemudian, bahwa surah ini mengandung sifat Ar-Rahman serta bisa mendatangkan kecintaan Allah kepada hambanya. Sebagaimana hadist Rsulullah SAW:

Dari Aisyah radhiyallahu 'anhu, beliau berkata, "Sesunggugnya Nabi SAW mengutus seseorang kepada sekelompok pasukan, dan ketika orang itu mengimami yang lain di dalam sholatnya, ia membaca dan mengakhiri bacaannya dengan قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ, maka tatkala mereka kembali pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Rasulullah SAW. lalu beliau pun bersabda, 'Tanyalah ia mengapa ia berbuat demikian?' Lalu mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab, 'Karena surat ini (mengandung) sifat Ar Rahman dan aku mencintai untuk membaca surah ini,' Lalu Nabi SAW. bersabda, "Beritahu dia, sesungguhnya Allah pun mencintainya'." (HR Al Bukhari)
Kelebihan lainnya bahwa dengan membaca surah Al-Ikhlas pada pagi dan sore hari, maka Allah akan memenuhi segala kebutuhannya. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW:

Dari Muadzin bin Abdillah bin Khubaib berkata, "Pernah suatu hari kami keluar di malam hari dengan kondisi hujan yang sangat lebat. Kami mencari Nabi SAW. untuk sholat bersama. Lalu kami bertemu Nabi SAW. dan beliau berkata, 'Katakanlah.'

Saya (Muadz)menjawab, "Aku tdak mengatakan sesuatu apa pun." Nabi SAW. berkata 'Katakanlah."'Muadz, ' Aku tidak mengatakan sesuatu apa pun.' Muadz tidak tahu apa maksud Nabi SAW. bertanya begitu.
Kemudian Nabi SAW. bertanya lagi, 'Katakanlah.' Muadz mejawab, 'Apa yang harus aku katakan wahai Rasulullah?' Nabi SAW. bersabda, ' Bacalah surat Al-Ihklas, Al-Falaq dan An-Nash pada pagi dan ptang hari tiga kali, maka itu akan mencukupimu dari segala sesuatu'." (HR.Tirmidzi, dishahihkan oleh Sheikh Albani rh)
Demikianlah keutamaan dari begitu banyak eklebihan yang dimiliki oleh surat Al-Ikhlas. Hanya dengan membaca satu surat  dari Al-Quran, kita bisa mendapatkan banyak manfaat di dunia maupun di akhirat.Maka cintailah surat Al-Quran salah satunya surat Al-Ikhlas, maka Allah akan mencintai kita. (Eva) 

Sumber: Mirajnews.com