Inilah Mie Kocok Khas Aceh Barat Daya

Share:



ACEH barat daya atau yang lebih Akrab disebut Abdya Merupakan salah satu kabupaten yang ada di Aceh. Kabupaten ini terbentuk setelah terjadinya pemekaran daerah dengan Aceh selatan. Kabupaten ini sah berdiri setelah dikeluarkannya undang-undang Republik Indonesia nomor 4 tahun 2002.

Di kabupaten  ini ada satu jenis makanan yang sangat digemari, bukan hanya oleh penduduk lokal tapi juga para pendatang, salah satunya mie kocok abdya. Siapa saja yang berkunjung atau melewati daerah ini pasti  mereka akan datang ke sebuah toko yang terletak di jalan persada untuk mencicipi mie lezat yang satu ini.

mie kocok sebenarnya tidak hanya ada di Abdya, tapi hampir diseluruh daerah Aceh lain pun menjajaki kuliner yang satu  ini, lalu yang  membuat mie kocok Abdya ini berbeda dengan daerah Aceh yang lain adalah mie kocok ini tidak  hanya disajikan dengan mie kuning, daging, dan sayur toge saja tetapi pada mie kocok abdya ini  ditambahkan juga mie putih atau bisa juga disebut kue tiaw. Pada umumnya, kuetiaw ini disajikan dengan cara di goreng. Di aceh barat daya kue tiaw ini di nikmati bersama dengan kuah kaldu ayam dan daging cincang yang sudah di bumbui.

Jika anda berkunjung ke “Abdya Outlet” Anda dapat Menikmati Mie Kocok ini. sudah sangat banyak yang menjual mie kocok ini disana, tidak seperti dulu yang hanya beberapa Penjual saja. Jadi, sekarang pun  tidak terlalu sulit  mencari letak tokonya. Salah satu pedagang mie kocok Abdya  yang masih bertahan sampai sekarang adalah seorang etnis tinghoa. Toko mie kocok yang sekarang dilanjutkan olehnya itu adalah toko milik orang tuanya yang juga menjual mie kocok sejak tahun 1914. [Poppy Nurisqa Qadriah]/Rzk