Iklan

Iklan

PDP Corona Seorang Sabang Dirujuk ke RSUZA

3/22/20, 14:54 WIB Last Updated 2020-03-22T09:00:20Z

                          Foto : Kanalinspirasi.com

WASATHA.COM | SABANG – Salah Seorang warga Kota Sabang yang diduga terkena gejala virus Corona Covid-19 dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh, dan pasien telah tergolong katagori pasien dalam pengawasan (PDP) guna untuk penanganan medis lebih lanjut.

Kepala Bagian  Umum dan Humas Sekretariat Daerah Kota Sabang Bahrul Fikri, membenarkan bahwasanya ada salah satu warga Kota Sabang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Sabtu (21/3), Bahrul Fikri mengatakan satu orang warga Sabang PDP yang dirujuk ke Banda Aceh.

Dia menjelaskan sebelum dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin, seorang warga tersebut yang dinyatakan PDP mengalami gejala batuk dan sesak nafas dan Bahkan memiliki riwayat perjalanan ke daerah transmisi lokal.

“Iya, dia baru pulang dari Jakarta kemudian memiliki gejala sesak nafas, jadi tadi dirujuk menggunakan kapal dishub sabang oleh tim gugus tugas pokja evakuasi penangaanan covid-19 ke Banda Aceh. Setelah evakuasi, baik kapal maupun petugas sudah dilakukan penyemprotan disinfektan sesuai prosedur oleh pihak KKP,” katanya.

Menurut dia, seseorang yang dikatakan PDP belum tentu dapat dinyatakan positif Covid-19. Orang-orang yang baru pulang dari negara terjangkit atau daerah tranmisi lokal, kemudian memiliki gejala batuk, pilek, dan sesak nafas dan gejala lainnya maka bisa disebutkan PDP.

Tambahnya_“Jadi PDP ini belum tentu positif terjangkit virus corona, dia harus diambil swab (sampel lendir) tenggorokannya dulu untuk dikirim ke Balitbangkes Kemenkes untuk diketahui positif atau negatif virus corona."

"Ini merupakan PDP Covid-19 pertama di Kota Sabang dan harus dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan, sesuai dengan prosedur penanganan dan pencegahan virus covid-19. Oleh karena itu Pemerintah Kota Sabang mengajak masyarakat untuk tidak menganggp remeh penyebaran virus tersebut yang sangat cepat," ujarnya.

Dia menyarankan kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi perintah atau himbauan dari pemerintah dengan maksut kewaspadaan terhadap penularan Covid-19.

“Sekali lagi Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah. Jaga diri, jaga jarak. Jangan melakukan aktivitas di kerumunan ramai dahulu. Alhamdulillah sampai saat ini di Sabang belum ada yang positif Covid-19,” tutupnya.[Sumber: Kanali inspirasi]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PDP Corona Seorang Sabang Dirujuk ke RSUZA

Terkini

Topik Populer

Iklan