Cemburulah Dengan Terpuji



CEMBURU itu merupakan sifat yang pernah dirasakan oleh semua orang, baik iru dari kalangan anak kecil sampai dengan yang sudah dewasa. Cemburu itu ialah fitrahnya manusia.

Ketika rasa cemburu itu menghampiri manusia, sifat yang ditunjukkan itu berbagai ekspresi, ada yang menangis, ada yang marah-marah, ada yang mengurunng diri dikamar, ada ayng merajuk, pergi ke suatu tempat, bahkan ada yang melakukan sesuatau keburukan.


Cemburu memang sangat erat kaitannya denga rasa cinta, bagaimana tidak? Rasa cemburu itu biasanya timbul pada orang yang sangat kita cintai. Namun, perlu kita ketahui cemburu memiliki dua jenis, cemburu yang terpuji dan cemburu yang tercela.

Cemburu yang terpuji ialah rasa cemburu yang tidak melampaui batas syariat. Sedangkan rasa cemburu yang tercela adalah yang melampaui batas syariat. Maka hati-hatilah dengan kecemburuan yang melampau syariat, karena itu bisa berdampak pada prasangka buruk. Karena sifat prasangka buruk itu dilarang.


Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam Al-Quran.

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” [Qs. Al-Hujurat (49): 12]

Rasulullah SAW juga bersabda :

“Jauhi oleh kalian prasangka karena sesungguhnya prasangka itu adalah sedusta-dusta pembicaraan.”


Begitulah apabila cemburu berlebihan, cemburu yang berlebihan dapat menimbulkan suatu prasangka yang buruk, yang jatuhnya pada akhlak tercela, dan dalam hadits di atas pun telah dijelaskan bahwa prasangka adalah sedusta-dusta pembicaraan. [Etha Rachmah | Mirajnews]
Cemburulah Dengan Terpuji Cemburulah Dengan Terpuji Reviewed by Teuku Emy Kurniawan on September 10, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.