Tiga Kunci Kebahagian Seorang Lelaki

Foto Google

SETIAP muslim pasti ingin selalu mempunyai kebahagian yang utuh bersama keluarga, saudara, sahabat, dan masyarakat yang ada di sekelilingnya.

Buya Hamka dalam bukunya “Filsafat Hidup” menjelaskan bahwa untuk mencapai kebahagian itu sebenarnya ada di tangan kita, tetapi kita justru mencari yang ada di tangan orang lain, karena apa-apa yang di tangan orang lain itu kelihatan lebih indah dan lebih.

Sebenarnya, Rasulullah telah menegaskan bahwasanya standar yang hampir sama dengan standar hidup yang disepakati masyarakat.

Dalam buku karangan Ahmad Rifa’I Rif’an dikatakan bahwa, seseorang yang dikatakan sukses itu apabila orang tersebut sudah berhasil menguasai dan meraih lima hal, yaitu garwo (istri), pusoko (pusaka), wismo(rumah), turonggo (kendaraan), dan kukilo (hobi).

Tiga Kunci Kebahagiaan

Rasulullah SAW bersabda, “Tiga kunci kebahagian seoarang laki-laki; Istri yang saleha, yang jika dipandang membuatmu semakin saying, jika kamu pergi  merasa aman karena bisa menjaga kehormatan dirimu dan hartamu; Kendaraam yang baik yang bisa mengantarkan kemana pun pergi; Rumah yang lapang, damai, penuh kasih saying.” (HR.Abu Daud).

Pertama, Istri yang shaleha. Karena wanita yang sholeha merupakan perhiasan dunia yang mahal harganya dan istri shaleha lah yang dapat dijadikan teman, baik itu dalam kesusahan yang selalu jadi hiburan maupun hidup dalam kebahagian yang selalu diharapkan.

Imam Ali bin Abi Thalib berkata ketika ditanya tentang istrinya Fatimah Az-Zuhra, “Bila kupandangi dia, hilang segera duka dan lara.

“… dan Allah merahmati seseorang wanita yang bangun pada malam hari untuk menunaikan shalat malam. Dia bangunkan suaminya dan jika sang suami enggan, ia percikkan air kewajahnya.” (HR.Abu Daud).

Kedua, Kendaraan yang bisa mengantarkan kemana pun pergi. Rasulullah memang menempatkan kendaraan diposisi yang istimewa sebagai sebuah standar yang harus dimiliki seorang muslim. Karena kendaraan dapat digunakan untuk mengantarkan kita ketempat ibadah dan mempermudah melancarkan jalannya dakwah.

Ketiga, Rumah yang lapang, damai dan penuh kasih sayang. Rumah memang menjadi tempat yang dijadikan untuk berteduh dan tempat bercengkrama dengan keluarga.

Dalam pepatah arab dikatakan baiti… jannati.. rumahku adalah surgaku. Rumah menjadi tempat yang indah , tempat yang bisa dijadikan untuk berbagi kasih sayang bersama keluarga. Karena rumah yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah rumah yang lapang, damai, dan penuh kasih sayang.

Rumah yang lapang, bisa digunakan cukup menampung angota keluarga untuk melaksakan ibadah. Sebagai mana yang telah dikatakan dalam Al-Quran, “… jadikanlah rumah-rumahmu tempat shalat dan dirikanlah shalat serta gembirakanlah orang-orang yang beriman.”(QS Yunus : 87).

Semoga kitalah orang yang merasakan kebahagian tersebut. [Teuku Emy]



Tiga Kunci Kebahagian Seorang Lelaki Tiga Kunci Kebahagian Seorang Lelaki Reviewed by WASATHA on Mei 17, 2017 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.