Ads Header

Breaking News

Dua Golongan Manusia Dalam Menyambut Ramadhan, Anda Golongan Mana?

Foto : Google
MARHABAN Ya Ramadhan tak terasa beberapa  hari lagi  kita akan bertemu Bulan yang Penuh Berjkah ini, bulan yang padanya di turunkannya  Al-Quran ke permukaan bumi dan bulan yang dalamnya terdapat  malam seribu bulan . Begitulah  indahlah  keberkahan Ramadhan. 


Allah Subhanahu Wata'ala Befirman,

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah/185)

Namun, Rakan pembaca sekalian, semua kita  perlu mengevaluasi diri kita ini termasuk golongan yang mana di antara 2 golongan kaum muslimin dalam menyambut bulan ramadhan. supaya kita jangan termasuk kedalam Orang yang merugi dalam  berpuasa, Karna  hanya menahan lapar dan dahaga saja.


Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalam Bersabda,


"Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali Rasa lapar dan Dahaga." (HR. Ath Thabrani, Syaikh Al-Abani mengatjkan hadits ini Shahih Ligorihi diadalam kitab Shahih At Targib wa At Tarhib no. 1084)

Berikut 2 golongan manusia dalam menyambut ramadhan :


Golongan pertama yaitu Orang-orang yang bergembira dan merasa senang dengan kedatangan bulan ramadhan. Hal ini dikarena kan beberapa sebab, diantaranya :

Sebab pertama :


Karena mereka telah terbiasa berpuasa puasa (sunnah maupun puasa ramadhan) sehingga terus berupaya menetapinya. Sehingga Dampak darimembiasakan diri berpuasa, akan membuat orang –orang tersebut tidak akan merasakan berat saat ramadan tiba, bahkan hal itu dirasakan sebagai suatu yag ringan, dan sebaliknya orang yang sama sekali tidak pernah berpuasa sunnah maka ramadan akan terasa berat baginya.

Sebab kedua :

Mereka mengetaui bahwa dengan menahan diri dari berbagai kenikmatandunia berarti telah mengekang hawa nafsunya. dengan begitu  akamempermudahkannya memperoleh kenikmatan yang hakiki, kelak di akirat.Seseorang yang berpuasa di siang hari di bulan ramadhan dengan menahandiridari makan, minum dan jimak serta dari yang seluruh membatalkan puasa karena taat kepada allah.

Sehinggga hal ini menjadi sebab tercapainya berbagai kenikimatan yangabadi di jannah kelak. karena kuatnya keyakinan orang-orang yangbertakwa maka mereka pun  gembira dengan kedatangan bulan yang muliaini.  Sebaliknya orang-orang yang bersuka ria dengan kenikmatan yangharam didunia, akan menjadikan sebab diharamkannya mereka memperoleh kenikmatan hakiki di akirat kelak.


Sebab ketiga :

Mereka menngetaui  bulan ramadan merupakan bulan suci penuh ketaatanyang agung, yang dibukakan pintu rahmat dan pahala  oleh Allah dengan begitu mereka pun akan berlomba-lomba dalam bertaqarrub kepada allah.

Golongan kedua  adalah Mereka, orang-orang yang merasa berat, terbebani dengan datangnya bulan ramadan, sehingga mereka tidak memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini sebagai bulan pengali pahala dan ampunan Allah. Hal ini dikarenakan beberapa sebab diantaranya:

Sebab pertama :

Mereka telah melampaui batas dalam kegelapan nikmat syahwat sehinggamembuat mereka terbiasa dengan perbuata-perbuatan yang dibenci Allah,bahkan tak menghiraukan kenikmatan yang Allah berikan didalam bulan Ramdhan karena bagi mereka penghalang yang menahan syahwat mereka danmemisahkan antara mereka dengan berbagai kenikmatan.

Sebab kedua :

Mereka adalah  orang-orang yang kurang ketaatannya kepada Allahsehingga mereka dengan  mudah  meninggalkan perkara-perkara yangwajib. Mereka menggagap bahwa suatu ketaatan yang diwajibkan untukmereka hanyalah suatu yang remeh bahkan . Mereka dapatmeninggalkannya tanpa rasa bersalah, takut akan siksaan Allah Subahanahu Wata'ala, sehingga bulan ramdhan ini sangat berat bagi mereka.

Maka teman-teman berbahagia lah jika anda termasuk golongan yang pertama dan bertaubatlah jika diri anda merasa berat dengan kedatanganramdhan. Karena begitu banyak keberkahan yang Allah Janji dibulan Ramdhan  untuk hambanya yang bertakwa. [inda silvina]/Rzk


BACA JUGA:

Bersyukurlah Anda Terlahir Sebagai Orang Islam