Iklan

Iklan

Yuk! Simak Proses Pembuatan Kue Seupet Khas Aceh

8/24/21, 19:31 WIB Last Updated 2021-08-24T12:32:02Z

Adonan kue dituangkan diatas cetakan Tradisional

WASATHA.COM, - Tentu setiap daerah pasti memiliki berbagai ciri khas tersendiri, seperti halnya di Meulaboh yang memiliki nilai plus dalam bidang kuliner tradisional, Bagaimana tidak! 

Hampir disepanjang Jalan lintas Meulaboh - Tapak Tuan, Desa Peunaga, Kecamatan Meureubo, sepanjang ruas jalan dipenuhi jajanan kuliner yang merupakan usaha masyarakat setempat, disana tersedia banyak jenis kuliner Tradisional Aceh, baik kue basah ataupun kering.


Salah satunya adalah jajanan Kue Seupet atau Kue Kapit yang merupakan kue tradisional Aceh yang cukup terkenal, Kue ini berbahan dasar tabung terigu, tapioka, gula dan santan, yang menggabungkan perpaduan rasa dari manis dan gurih, sehingga teksturnya ringan dan renyah di mulut, Kue seupet memiliki bentuk yang beragam, seperti kipas, segitiga, dan silinder (Astor). 

pembuatan kue seupet hingga saat ini masih menggunakan cetakan tradisional dan harus di jepit hingga permukaan adonan tipis dan mengikuti ragam tektur dicetakannya, pembuatan kue ini harus  cekatan karena jika dibiarkan lama sebelum dibentuk  maka kue akan mengeras dan mudah hancur.

 

Setelah matang cetakan diangkat dan adonan mengikuti ukiran dari cetakannya

Durasi waktu pembuatan kue cukup singkat yaitu hanya 3 menit untuk memasak satu kue Seupet menggunakan api kecil, sehingga dapat menghasilkan ratusan kue seupet perharinya.


Pengrajin kue seupet bernama Meli Zarnida berusia 43 Tahun yang berasal dari Meulaboh Aceh Barat sudah menekuni usahanya selama 8 tahun, resep ini juga ia dapat dari orang tua terdahulu, Kue seupet memiliki tingkat tahan lama dan tanpa merubah  rasanya

“jika disimpan lama juga tidak akan basi dan tidak akan merubah rasany, resep kue seupet ini dari ibu saya dan orang tua saya terdahulu (nenek), saya belajar dari remaja hingga sudah berkeluarga dan memiliki anak, dan sekarang menjadikan kue seupet sebagai mata pencaharian, adik adik saya dan anak juga saya ajarkan sehingga mereka juga bisa membuatnya,”ujar Meli Zarnida  sambil membolak balikkan kue Seupet.

Dikarenakan semakin banyak permintaan konsumen, saat ini kue seupet sudah memiliki varian rasa terbaru, varian rasa ini disediakan sesuai selera konsumen, yatu seperti rasa coklat, mocca, dengan taburan wijen diatasnya. 

Kini kue seupet tidak hanya menjadi pengganan lokal Aceh tapi juga luar Aceh, apalagi menjelang idul adha saat ini, kue seupet menjadi oleh oleh khas aceh dan banyak diminati oleh orang luar.(Debby Futri Sahara)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Yuk! Simak Proses Pembuatan Kue Seupet Khas Aceh

Terkini

Topik Populer

Iklan