Iklan

Iklan

Pentingnya Ilmu Filsafat Dalam Menjalankan Kehidupan

5/31/21, 22:15 WIB Last Updated 2021-05-31T15:15:34Z

WASATHA.COM - Berbicara tentang ilmu filsafat artinya berbicara tentang bagaimana menjadi manusia seutuhnya, dalam arti kata menjadi manusia sebaik-baik manusia yang mampu memberikan kebermanfaatan terhadap kehidupan sosial dan lingkungan sekitar. Selain itu didalam ilmu filsafat kita juga diajarkan bagaimana untuk cinta kebijaksanaan yaitu memiliki keinginan untuk mencari tau suatu kebenaran yang sesungguhnya. 


Hari ini saya melihat banyak sekali permasalahan ataupun kasus-kasus yang terjadi dalam kehidupan sosial baik dalam ruang lingkup pemerintahan maupun masyarakat. seiring perkembangan zaman teknologi informasi dan komunikasi salah satu aspek permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat adalah banyaknya penyebaran berita hoax ataupun berita bohong dimana-mana sehingga dapat memberikan dampak negatif terhadap setiap pengguna media sosial bagi masyarakat awam yang sangat mudah menerima suatu berita tanpa mencari tau kebenaran dari berita tersebut. Hal ini sering terjadi dimasyarakat yang disebabkan karena minimnya pengetahuan serta kurang bijak dalam menerima informasi, nah didalam kajian ilmu filsafat ada salah satu cabang ilmu yang mengkaji tentang pentingnya etika baik dalam pemerintahan maupun kehidupan sosial. 


Secara umum banyak sekali konflik sosial yang terjadi dimana-mana terutama disebabkan oleh media sosial dimana dalam penggunaannya banyak menyebarkan berita-berita hoax yang dapat mengadu domba masyarakat sehingga dapat merusak hubungan kekeluargaan, hubungan dengan pemerintah, hubungan dengan sesama masyarakat, teman, sahabat dan hubungan sosial lainnya. Oleh karena itu melalui tulisan ini saya mengajak kepada seluruh warga masyarakat Indonesia dan juga warga masyarakat Aceh khususnya agar lebih bijak dalam menerima informasi jangan mudah terprovokasi oleh media yang ada karena perkembangan teknologi komunikasi ini sangat pesat dan mudah untuk menimbulkan perpecahan umat, baik dalam segi Agama,ekonomi, politik, sosial, budaya dan lain sebagainya. 


Kemudian untuk para pengguna media sosial yang baik marilah kita menyebarkan berita positif berita-berita yang bermanfaat karena setiap berita yang kita sampaikan nantinya akan berdampak dalam kehidupan sosial dan juga akan menjadi amal jariyah kita selama hidup di dunia, setiap berita yang kita sampaikan baik secara langsung maupun melalui media yang ada semua akan dipertanggungjawabkan diakhirat kelak. (Oleh : Muhammad Doni Mahasiswailmu sosial dan ilmu politik universitas Syiah Kuala)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pentingnya Ilmu Filsafat Dalam Menjalankan Kehidupan

Terkini

Topik Populer

Iklan