Iklan

Iklan

Muasal Bangsa Palestina

5/18/21, 20:28 WIB Last Updated 2021-05-18T13:28:08Z



WASATHA.COM - Palestina merupakan negeri yang diberkahi, al maqdis memiliki keutamaan yang disebut dalam nash Alquran dan Sunnah. Tidak diragukan, keutamaan negeri ini karena sejak dahulu di tanah ini banyak nabi dan rasul penyampai risalan suci.


Dr Thariq As-Suwaidan dalam bukunya berjudul Filastin; At-Tarikh Al- Mushawwar, Ensiklopedi Palestina Bergambar menjelaskan bahwa  nama Palestina merujuk kepada bangsa-bangsa lain yang datang dari pulau lautan teduh, khususnya dari Pulau Krita. 


Sebuah pulau yang ternama. Sepertinya penduduk pulau ini tertimpa kelaparan atau situasi tertentu yang memaksa mereka menyerang kawasan pesisir Syam dan Mesir. 


Mereka pertama kali diadang Raja Ramses III dalam perang Lozen yang terjadi di Mesir. Ramses tidak menginginkan mereka berdomisili di Mesir. Setelah melalui serangkaian tarik ulur akhirnya disepakati mereka harus angkat kaki menuju Palestina.


Raja Ramses memerintahkan mereka menempati kawasan Selatan Palestina di kawasan yang disebut Palast. Buku-buku sejarah dan kitab suci menyebut nama kawasan ini.  Karena itulah penduduk kawasan ini dinisbatkan kepada Palast. 


Seiring perjalanan waktu, nama ini berubah menjadi Palestina. Bangsa-bangsa ini kemudian bertetangga dengan orng-orang Kan’an dan Yabisi, penduduk asli kawasan setempat. Karena itulah nasab dan bahasa mereka membaur dan melebur bersama bangsa asli yang lebih banyak jumlanya dan lebih maju dalam peradaban.


Seiring perjalanan waktu, akhirnya orang-orang Yebus meleber bersama orang-orang Kan’an. Lalu setelah itu jejak mereka hilang dalam sejarah.


Jelas dari narasi di atas, tidak ada sama sekali kaum Yahudi pada fase sejarah Palestina awal. Lantas di manakan mereka dalam fase sejarah tersebut? Semua peninggalan sejarah, kitab suci,dan buku-buku barat menunjukn bahwa penduduk asli Palestina adalah orang-orang Kan’an dan Yebus. []


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Muasal Bangsa Palestina

Terkini

Topik Populer

Iklan