Iklan

Iklan

Prof Noorodin Jelaskan Persoalan Dakwah di Thailand

Mabrur Muhammad
3/24/21, 17:10 WIB Last Updated 2021-03-24T10:11:44Z

 


 WASATHA.COM, BANDA ACEH - Prof Noorodin Abdullah Dagorha, dari Universiti Fatoni Thailand menjelaskan  sejumlah tantangan dalam berdakwah yang dilakukan oleh beberapa organisasi muslim di Thailand, Rabu (23/3) dalam Webinar International bertajuk “Strategi Dakwah Pendampingan Saudara Baru” yang digelar oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

 

Ia menjelaskan bahwa dakwah Islam kepada golongan bukan Islam di Thailand dilakukan oleh beberapa organisasi. Strategi dakwah yang dilakukan ialah menetapkan para pendakwah di kampung yang ada saudara baru ini merupakan strategi yang sangat diperlukan, karena bisa untuk membina sasaran yang telah memeluk Islam dan masih memerlukan bimbingan Islam untuk seterusnya.

 

Ia menjelaskan, strategi menetapkan para pendakwah di kampung sasaran ini bermula pada tahun 1993, program ini dilaksanakan dengan baik selama lima tahun saja.

 

Kemudian pada tahun 1998 M cara ini terpaksa berhenti karena problem ekonomi.

 

"Walau bagaimana pun strategi menetapkan pendakwah di kampung yang ada saudara baru ini bergerak kembali pada tahun 2020 M," kata Prof Noorodin.

 

Program dakwah yang dilakukan diantaranya membimbing, membela hak muslim dan mualaf saudara baru, dan menetapkan pendakwah di kampung yang ada mualaf.

 

Ia juga menjelaskan bahwa para organisasi tersebut membantu pengumpulan bantuan jariyah untuk membeli sebidang tanah dan mendirikan masjid, membangun sekolah Islam.

 

Adapun seminar Internasional ini menghadirkan pemateri dari Malaysia, Prof. Asyraf Haji Abd. Rahman dari UMT, Prof Razaleigh Muhamat (Pusat Kajian Dakwah dan Kepimpinan Fakulti Pengajian Islam–UKM Malaysia), dan dari Thailand, Prof. Dr. Noordin Abdullah Dahorha (Universitas Fatoni).

 

Sementara pembicara dari Indonesia, antara lain Prof Yusny Saby, Ph.D, Dr. Fakhri, MA, Ridwan M. Hasan, Lc., M.Th. Ph.D, Dr. Juhari Hasan. M.Si, Dr. Lembong Misbah, M.Ag, Dr. Zalikha, M.Ag dan  T. Zulyadi, Ph.D. []

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Prof Noorodin Jelaskan Persoalan Dakwah di Thailand

Terkini

Topik Populer

Iklan