Iklan

Iklan

FDK UIN Ar-Raniry Gelar Webinar Internasional "Dakwah Pendampingan Saudara Baru"

Mabrur Muhammad
3/24/21, 13:51 WIB Last Updated 2021-03-24T06:57:03Z

WASATHA.COM, BANDA ACEH - Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Webinar International untuk pendampingan saudara baru (mualaf), Rabu (24/3/2021) disiarkan secara langsung melalui zoom.


Acara yang mengusung tema "Strategi Dakwah Untuk Pendampingan Saudara Baru" diisi oleh pemateri dari perwakilan negara di Asia Tenggara.


Seminar online ini turut membahas berbagai persoalan mengenai tantangan dakwah dalam pembinaan para mualaf di sejumlah negara ASEAN.


Seminar tersebut dibuka langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry, Prof H Warul Walidin yang diwakili Wakil Rektor II UIN Ar-Raniry, Dr Syahbuddin M.Ag.


"Seminar online dengan tema ini menjadi penting untuk menghimpun ide-ide dari berbagai pengalaman yang telah dilalui oleh para narasumber dari beberapa negara dalam pengembangan konsep dakwah untuk para saudara baru (mualaf)," ujarnya dalam pembukaan acara Webinar International.


Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini juga harus dapat memberikan pengaruh positif terhadap para saudara baru yang memilih Islam sebagai jalan hidupnya.


Sementara itu, Ketua Panitia, Dr Rasyidah M.Ag menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk mendapatkan model program terbaik dalam dakwah bagi pendamping saudara baru.


"Hal ini juga bertujuan menghimpun energi dan berkolaborasi bersama untuk pendampingan saudara baru secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan," jelasnya.


Seminar tersebut diikuti oleh ratusan peserta secara daring mulai dari akademisi, mahasiswa dan praktisi dakwah.


Adapun pemateri yang berasal dari Malaysia diisi oleh Prof Asyraf Haji Abd Rahman dari UMT dan Prof Razaleigh Muhamat (Pusat Kajian Dakwah dan Kepimpinan Fakulti Pengajian Islam – UKM Malaysia), sedangkan pemateri dari Thailand diisi oleh Prof Noordin Abdullah Dahorha (Universitas Fatoni) dan dari UIN Ar-Raniry diisi oleh Prof Yusny Saby PhD (Guru Besar UIN Ar-Raniry) dan Dr Fakhri MA (Dekan FDK UIN Ar-Raniry).


Selain pemateri dari luar negeri, seminar ini juga diisi oleh pemateri dari masing-masing prodi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
 

Diantaranya dari Prodi KPI diisi oleh Ridwan M Hasan Lc., M.Th. PhD, Prodi MD diisi oleh Dr Juhari Hasan M.Si, prodi PMI diisi oleh Dr Lembong Misbah M.Ag, Prodi BKI Dr Zalikha, M.Ag dan Prodi Kesos oleh T. Zulyadi, Ph.D. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • FDK UIN Ar-Raniry Gelar Webinar Internasional "Dakwah Pendampingan Saudara Baru"

Terkini

Topik Populer

Iklan