Iklan

Iklan

Kilas Balik Klinik Jurnalistik IV

1/06/21, 13:15 WIB Last Updated 2021-01-06T06:15:41Z

Oleh: Gufron Ginting 

WASATHA.COM, Banda Aceh - Dalam acara Klinik Jurnalistik IV dengan tema “Muda Aceh Berliterasi” pada (2/1) pukul 09:00 WIB berhasil mengundang pemeteri jurnalistik dari Pimpinan Redaksi Acehsatu Media yaitu Bapak Yusmadi Yusuf. Acara Jirnalistik tersebut dihadiri 32 peserta dari berbagai daerah dan kalangan. 


Pada acara itu membahas berbagai aspek mengenai penulisan jurnalistik yang baik dan benar termasuk menggunakan unsur 5W+1H. 


Pastinya dalam menulis suatu berita kita harus paham akan apa yang terjadi dikarenakan berita yang kita laporkan juga akan mempengaruhi para pembaca dalam mendeskripsikan kejadian yang kita tuliskan. 


Pada dasarnya ketika kita membuat berita akan suatu kejadian pastinya indera kita jug akan lebih peka dari sebelumnya dan pastinya akan semakin lebih selektif dalam pengembilan informasi. 


Menurud Yusmadi dalam  pememparaan materi yang diberikan, ada beberapa hal yang harus dihindari seeorang jurnalis dalam  pembuatan berita. 


Ia mengatakan dalam melakukan observasi lapangan untuk meliput suatu berita kita harus memperhatikan  4 hal yang wajib kita hindari yaitiu: adanya asummsi atau praduga pribadi, melaporkan apa yang dipikirkan dan tidak sesui dengan fakta lapngan, melakukan kesimpulan, dan melaporkan dengan hasil anailis pribadi. Banyak dari kita yang melalukan kesalahan fatal dalam melakukan observasi jurnalistik saat dilapangan termasuk ke empat hal yang telah disebutkan.



Dalam melakukan sebuah jurnalistik kita juga harus dapat mengetahui pristiwa yang terjadi dimana kita dapat menggali dengan proses wawancara dengan saksi. Selain itu juga kita juga harus dapat membedakan data yang kita tuliskan dalam berita antara data primer dan data skunder. Dalam data skunder lebih mengarah kepada hal hal menggali data dari orang lain atau bersifat demografi. Selain dari hal itu kita juga harus memahami akan perbedaan antara fakta, opini, dan juga klaim dalam jurnalistik.


Selain pemaparan materi mengenai jurnalistik acara ini juga berhasil membangun diskusi akan seputaran jurnalistik. Ada juga diberikan pembekalan berupa buku jurnalistik yang ditulis oleh pemateri yang diterbitkan pada tahun 2019 silam dimana buku ini bisa menjadi salah satu panduan untuk belajar jurnalistik.



Dari kegitan yang klinik jurnalistik IV ini saya merasa berutung dengan adanya pengetahuan baru akan jurnalitik dan pastinya ilmu yang dismpaikan oleh pemateri sangat berguna bagi kita dalam proses pembuatan berita nantinya.


Setelah acara ini selesai besar harapan agar peserta bisa memahami akan bagaimana tugas dan tanggung jawab serta cara pengmmbilan data lapangan dalan jurnalistik. 


Dimana ketika peserta sudah bisa memahami akan hal tersebut dengan demikian pula persoalan penting dalam laporan jurnalistik bisa dianailis. 


Selain itu juga dari ranggkain acara ini  juga diharapkan peserta bisa membuka cekrawala dan sebagai penembah wawasan yang baru khususnya dalam bidang jurnalistik. ( )

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kilas Balik Klinik Jurnalistik IV

Terkini

Topik Populer

Iklan