Iklan

Iklan

Pelajari Skema Penelitian Berbasis Output, UIN Raden Fatah Kunjungi Kampus Ar-Raniry

12/29/20, 12:11 WIB Last Updated 2020-12-29T05:11:39Z

 


WASATHA.COM, Banda Aceh - Sebagai upaya untuk mempererat silaturrahmi dan hubungan kerja, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang berkunjung ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Seharusnya kunjungan ini akan dilaksanakan beberapa bulan lalu, hanya saja kondisi pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh mengkhawatirkan, akhirnya kunjungan ditunda dan baru terlaksana di akhir bulan Desember 2020. , Senin (28/12/2020).

 

Salah satu misi kunjungan dari Tim UIN Palembang adalah mempelajari skema penelitian berbasis output yang selama ini telah dilaksanakan di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Oleh sebab itu, Mawardi selaku Kepala SPI dan Emi selaku Sekretaris SPI UIN Palembang mengunjungi Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Ar-Raniry. Turut hadir dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat LP2M tersebut, Jailani (Sekretaris LP2M), Abdul Jalil Salam (Kepala SPI), Anton Widyanto (Kapuslitpen) beserta Tim Puslitpen yaitu Sufriadi, Fauza Andriyadi, Illa Rahmatin, Nurul Hayati dan Ismunandar.

 

Dalam kesempatan tersebut Mawardi menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim LP2M, khususnya Puslitpen, yang telah bersedia menerima kunjungan dari Tim UIN Palembang. Emi, Sekretaris SPI, menambahkan bahwa mereka sangat tertarik mempelajari skema penelitian berbasis output yang dilaksanakan oleh UIN Ar-Raniry selama ini dan tidak menemui masalah saat diperiksa oleh lembaga berwenang, padahal banyak kampus lain yang masih menerapkan skema berbasis non output (at cost).

 

"Banyak dosen di UIN Palembang yang akhirnya tidak berani mengajukan penelitian dengan dana BOPTN karena ada beberapa kasus yang menjadi temuan dan diminta mengambalikan 100%, padahal penelitiannya sudah tuntas dilaksanakan. Tentu ini berdampak pada serapan anggaran penelitian,” jelas Emi.

 

Dalam pertemuan tersebut, Kapuslitpen LP2M UIN Ar-Raniry memaparkan Profil Pusat Penelitian dan Penerbitan, capaian-capaian yang sudah diraih di tahun 2020 terkait dengan pembenahan manajemen media informasi, tata kelola rumah jurnal dan sentra HKI, termasuk skema penelitian berbasis output dan outcome yang selama ini sudah dijalankan. Pada kesempatan yang sama, Jailani selaku Sekretaris LP2M juga menambahkan informasi bahwa pelaksanaan penelitian berbasis output dan outcome juga memiliki resiko temuan, khususnya jika peneliti tidak memenuhi output maupun outcome penelitian yang dilakukannya.

 

Terpisah, Kepala SPI, Abdul Jalil Salam menambahkan informasi melalui pesan singkat bahwa Tim UIN Palembang sebelumnya sudah berkunjung ke SPI UIN Ar-Raniry dan mempelajari hal-hal terkait dengan strategi pengembangan lembaga dan struktur SPI serta Sistem Pengendalian Internal, IKU & implementasi operasional teknis, evaluasi, penilaian & reviunya, penelitian berbasis output-outcome, proses monev & SPJ nya, Sistem Informasi & Realisasi Anggaran berbasis Aplikasi Web online pada UIN Ar-Raniry, serta E-Sistim Manajemen Strategis (e-SMS) segmen unit kerja SPI.

 

Secara khusus Jalil menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim LP2M pada umumnya dan Puslitpen pada khususnya karena sudah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman kepada tamu dari UIN Palembang.

 

"Terima kasih juga kepada elemen pimpinan & stakeholders LP2M yang telah menjelaskan secara gamblang proses penelitiian berbasis output-outcome pada UNAR dalam praktik 3 tahun terakhir,” papar alumni Gontor ini. [ ]

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pelajari Skema Penelitian Berbasis Output, UIN Raden Fatah Kunjungi Kampus Ar-Raniry

Terkini

Topik Populer

Iklan