Headlines
Loading...
Prodi PMI  Gelar Pelatihan Industri Rumahan Bagi Perempuan Aceh Besar

Prodi PMI Gelar Pelatihan Industri Rumahan Bagi Perempuan Aceh Besar



WASATHA.COM, ACEH BESAR - Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, melatih 15 perempuan di Aceh Besar pada bidang industri rumahan di Gampong Cot Lamme, Kecamatan Kutabaro, Selasa (16/6/2020).

Kegiatan itu terlaksana atas kerjasama Prodi PMI dengan PSW UIN Ar-Raniry, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)-KUMKM dan Pengurus PKK Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar.
Ketua Prodi PMI, Dr. Rasyidah M Ag mengatakan,  Gampong Cot Lamme sudah lama menjadi desa binaan dan mitra Prodi PMI, di mana sebelumnya, kata Rasydah telah dilakukan juga pelatihan entrepreneurship dasar, pelatihan produksi kue, dan program sosial keagamaaan lainnya.

“Kali ini kami memilih pelatihan Industri Rumahan bagi kaum perempuan sebagai motivasi dalam pengembangan usaha. Kelompok usaha yang didampingi kali ini adalah kelompok usaha boh itek asin,” kata Rasydah.

Menurutnya, pelatihan  itu selain diharapkan mampu meningkatkan kualitas produksi telur bebek asin dan aneka kue berkualitas, tetapi juga mampu mengembangkan usaha, dan semangat berbagi pengetahuan bagi pelaku usaha yang lainnya. 

Sementara itu Wakil Dekan III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. T. Lemong Misbah M.A pada sambutannya mewakili Fakultas berpesan, sebuah usaha jika ingin sukes perlu ada kekuatan tekad di dalam diri para penguasaha, jangan bermental lemah yang diumpamakan seperti mental kerupuk.

“Di dalam boleh kerupuk tapi kelihatan diluar adalah baja yang penuh kekuatan. Atau memiliki kemasan yang cantik.  Semua yang dilatih hari ini harus mampu menjadi pelaku industri rumahan yang berkualitas, “ kata Lembong yang juga pengusaha ternak lele ini.

Camat Kutabaro, Bustaman S.E menyambut baik kegiatan itu, ia berharap ada kelanjutan dari program itu kedepannya, termasuk lebih banyak lagi kaum perempuan yang ikut pelatihan dari gampong lainnya di Kecamatan Kutabaro. [ ]

0 Comments: