Iklan

Iklan

Haul Syeikh Muda Wali Al Khalidy Diperingati Sederhana

6/16/20, 16:28 WIB Last Updated 2020-06-19T11:37:08Z


WASATHA.COM, TAPAKTUAN – Haul Abuya Syeikh Muda Wali Al-Khalidy yang ke-59 tahun diperingati sederhana di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, acara yang dipusatkan di Dayah Darussalam Al Waliyah, Blangporoh, Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan pada Selasa (16/6)  tersebut dihadiri jamaah yang datang dari berbagai pelosok di Aceh.

Acara Haul Abuya Muda Wali yang bertajuk “Marilah Kita Kembali ke Dayah Darussaam Al Waliyah” itu bertepatan tanggal 24 Syawal 1441H di mana warga alumni dan masyarakat sekitar hadir untuk bersilaturrahmi hari raya.

Pantauan wasatha.com, sejak Selasa pagi tamu mulai berdatangan ke lokasi Dayah Darussalam, meski tidak seramai tahun lalu, Haul kali ini sengaja menurut panitia dibuat internal keluarga besar karena antisipasi wabah Covid-19 dan mentaati protokol medis yang berlaku.

Salah satu alumni Dayah Darussalam, Tgk H. Umar Rafsanjani, Lc, MA yang juga pimpinan Dayah Mini, Banda Aceh, yang hadir dalam acara haul itu mengapresiasi sikap Dayah yang menghargai keputusan Pemerintah dalam penanganan Covid-19 sesuai dengan protokol medis.

“Ini sudah menjadi tradisi keaswajaan untuk patuh kepada ulil amri semenjak dari berdiriya Republik Indonesia yang tidak setuju dengan kelompok yang mengusik persatuan NKRI,” katanya.



Tgk Umar Rafsanjani juga mengatakan, haul ini wajar diperingati karena Dayah Darussalam saat in telah diteruskan oleh anak-anak Almarhum Syeikh Muda Wali yang juga tokoh penting dalam berdirinya Republik Indonesia dan terpilihya Ir Soekarno sebagai presiden “adharuri bisyaukah” atau sosok yang memiliki kemampuan kepemimpinan.


“Apa yang sudah dilakukan hari ini di Darussalam, selayaknya juga dapat diikuti oleh dayah-dayah yang lain di mana pada umumnya menginduk kepada Dayah Darussalam.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Dayah Darussalam, Abi Hidayat  M Wali mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya menjaga tradisi yang setiap tahun diadakan pada hari kedua belas bulan syawal.

“Namun karena masih keadaan Covid-19 kita undur dan tidak membuat acara besar-besar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,”

Abi Hidayat juga berterimakasih kepada seluruh alumni dan para pecinta ulama dayah yang sudah hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Abuya H. Mawardi Waly langsung memimpin zikir dan doa bersama di kubah Abuya Syeik Muda Wali.  Acara tesebut dihadiri 200 an lebih alumni dan jamaah tariqat Naqsabandi di Aceh, termasuk santri yang sudah kembali ke dayah. []
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Haul Syeikh Muda Wali Al Khalidy Diperingati Sederhana

Terkini

Topik Populer

Iklan